ALUMNI FHUA BERBAGI PEDULI DI MUSIM PANDEMI

Jakarta b-oneindonesia-Dampak sosial ekonomi akibat pandemi Covid-19 diperkirakan akan berlangsung sampai beberapa tahun mendatang, akibatnya kesempatan kerja baru/lapangan kerja baru dalam kurun beberapa waktu mendatang masih akan sangat terbatas, sehingga persaingan untuk memasuki dunia kerja akan sangat ketat.  Menyadari dan berempati terhadap hal itu, Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Airlangga (FHUA) di Jabodetabek menyelenggarakan acara Alumni Berbagi pada tanggal 9 April 2021 nanti.

Acara yang digelar secara virtual dan gratis oleh Alumni FHUA Jabodetabek untuk Fresh Graduates dan Mahasiwa Semester VI ke atas tersebut akan menghadirkan Alumni-alumni FHUA dari berbagai angkatan yang sukses merintis karir di bidang Human Resources / Human Capital ataupun di bidang Inhouse Counsel di berbagai perusahaan Multi Nasional ternama.

“Kami sengaja menggalang potensi alumnus-alumnus FHUA yang memiliki karir yang hebat-hebat dan tidak kalah dibandingkan dengan alumni dari perguruan tinggi ternama lainnya di Indonesia, untuk peduli, berbagi, memberikan ilmu, pengalaman dan motivasi kepada adik-adiknya agar setidaknya bisa mengikuti  jejak mereka, bahkan melebihi mereka-mereka”, demikian kata Didik Sasono Setyadi, Ketua Alumni FHUA Jabodetabek, saat ini menjadi Kepala Divisi Formalitas merangkap Plt. Kepala Divisi Hukum dan sering menjadi Nara Sumber di berbagai seminar tentang Energi khususnya Energi Minyak dan Gas Bumi.

“Kegiatan ini dikomandani Saudara Dhanny Jauhar. Dia Alumnus FHUA yang lama menjadi Managing Counsel Perusahaan Minyak dan Gas Bumi di Kuwait, jadi dia sangat paham bagaimana berkarir di perusahaan multi nasional, apalagi bila ditempatkan langsung di headquarter-nya di luar negeri” tambah Didik, maka dari itu di acara Dhanny menggalang Alumnus-alumnus yang sukses di karirnya untuk berbagi menjadi narasumber:

Pertama, A. Nasir Maksum, saat ini menjabat sebagai GM Human Capital Astra Group yang pernah menempuh pendidikan di Jepang dan di National University di bidang Human Capital

Kedua, Wiwik Wahyuni, saat ini sebagai Human Resources Director di PT Home Credit Indonesia, dan sebelumnya pernah berkarir di LafargeHolcim di Zurich, Swiss, Holcim Indonesia, Campbell Arnotts Indonesia, Monsanto Companies, DuPont Indonesia dan lain-lain. Dia mendapatkan gelar MBA dari California State University, dan MM / MBA dari IPMI

Ketiga, Bambang Sumitro, saat ini menjabat sebagai HR Director PT SGMW (Wuling Motor), sebelumnya menjabat sebagai HR Director Ford Indonesia dan juga HR Manager Mc Donalds Indonesia. Bambang pernah mengikuti HR Management Program di Mc Donalds Universiti di Illinois, Chicago, Amerika Serikat

Keempat, Pramono Indroharto, sekarang sebagai Senior Consultant Legal Counsel PT Chevron Pacific Indonesia, pernah juga bekerja untuk Pertamina sebagai Advisor untuk Chief Legal Counsel & Complieance. Pramono memperoleh gelar LL.M dari Washington College of Law, American University di Washington DC.

“Selain narasumber yang hebat, kami juga persembahkan Moderator yang tak kalah hebat dan bahkan namanya sudah terkenal. Siapa lagi yang tidak kenal dengan Marializia Hasni? seorang Jurnalis dan Presenter Metro TV yang sekarang sedang menempuh gelar Master of Public Administration di University of Birmingham dan sebagai penerima beasiswa Chevening. Yang sangat menarik dia nanti akan memandu acara ini langsung dari UK” jelas Didik dengan bangga.

Untuk itulah Didik berpesan kepada para lulusan FH Unair dan Mahasiwa yang akan lulus untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik.

“Ini kesempatan yang luar biasa, yang di zaman saya kuliah atau setelah lulus dari Unair tidak pernah saya dapatkan” tegasnya. Didik pun menegaskan bahwa acara Alumni Berbagi tanggal 9 April 2021 nanti ini barulah serie pertama, karena akan diikuti juga oleh sharing dari alumni yang sukses di profesi lain.

“Misalnya yang jadi ASN, banyak yang duduk Eselon 1 dan 2 Pemerintahan meskipun masih muda-muda, ada juga yang sukses di profesi jurnalisme/media, belum lagi di bidang finance / keuangan. Pokoknya kami akan galang sebanyak-banyaknya dan seluas-luasnya potensi alumni yang ada agar berkontribusi buat kampus tercinta” kata Didik dengan bersemangat.

“Saya berterimakasih kepada Dekan Fakultas Hukum Unair atas kerjasama ini, semoga dosen dan civitas academica yang lainnya juga mendukung, karena perguruan tinggi harus paham bahwa ke depan persaingan alumni kita tidak lagi dengan sesama alumni dari kampus di Indonesia, tetapi juga dengan alumni kampus dari Negara lain, khususnya Negara tetangga. Pengalaman para alumni kita yang bereputasi internasional ini sangat penting bagi lulusan-lulusan FHUA di zaman sekarang dan masa depan” pungkas Didik.

Komentar