oleh

Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono Dukung Komjen Listyo Sigit Wujudkan Polri Promoter

-Berita-3.164 views

Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono

Jakarta, b-Oneindonesia – Presiden Joko Widodo sudah menunjuk Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri. Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono menyambut baik dipilihnya Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai pengganti Jenderal Idham Azis yang akan pensiun sebagai Kapolri

“Saya mendukung penuh Pak Sigit dalam mewujudkan Polri yang Promoter (profesional, modern dan tepercaya),” kata Komjen Gatot Eddy Pramono, Jumat (15/1/2021).

Komjen Gatot mengatakan dalam baktinya diri tetap Bhayangkara yang setia kepada negara dan pimpinan. karena itu, Ia mengatakan siap melanjutkan darma bakti bagi negara bersama Komjen Listyo Sigit Prabowo. “Kami akan bersama-sama membangun institusi untuk melanjutkan darma bakti kepada negara.” tutur Komjen Gatot.

Sebelumnya nama Komjen Listyo Sigit Prabowo diserahkan ke DPR sebagai calon tunggal Kapolri. Ketua Kompolnas Mahfud MD memberikan rekomendasi kepada Presiden Jokowi untuk memilih satu dari 5 nama yang diajukan. Menurut Mahfud MD, lima nama yang direkomendasi memenuhi syarat profesionalitas, loyalitas, dan jam terbang

Lima nama itu di antaranya, adalah Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafly Amar. Kemudian Kepala Bareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo, Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjen Arief Sulistyanto, dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Agus Andrianto.

Langkahi Empat Angkatan, Mantan Kabareskrim Ke Komjen Listyo Sigit: Hormati Senior

Penunjukkan Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon kapolri tunggal, melangkahi empat angkatan seniornya.
Namun, menurut mantan Kabareskrim Polri Komjen (purn) Ito Sumardi, hal itu tidak masalah. “Inilah tantanganya di internal, bagaimana menghormati senior, tidak istilahnya hanya mengutamakan yang seangkatan,” kata Ito saat diwawancara, Jumat (15/1/2021).

Sebaliknya, para senior pun harus menerima Listyo Sigit sebagai pimpinan Polri.
Dalam pengalamannya sebagai polisi, Ito pernah menjabat dua kali Kapolda dan sekali Kabareskrim. “Wakil saya empat tahun senior di atas saya,” ujarnya.

Menurut Ito, saat ini masih ada polisi senior di atas Listyo di jajaran kepolisian yang masih memegang posisi penting. Sebagai “junior”, kata Ito, Listyo akan memimpin yang senior yang potensial dan masih punya jabatan penting tersebut. “Karena itu berpikirnya harus multifungsi bukan hanya bareskrim saja,” ujar Ito.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis mengajak jajarannya mendukung Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo hingga dilantik menjadi kapolri baru nantinya.

Listyo dipilih Presiden Joko Widodo sebagai calon tunggal kapolri untuk menggantikan Idham yang memasuki masa pensiun pada 1 Februari 2021. “Saya mengajak kepada rekan-rekan semua untuk bergandeng tangan memberikan dukungan kepada calon kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo,” ucap Idham.

“Sehingga proses pelaksanaan rangkaian fit and proper test yang akan dilaksanakan pekan depan sampai dengan pelantikan Bapak Kapolri Baru bisa berjalan dengan sukses dan lancar serta tidak menemui hambatan apa pun,” kata dia.

Komjen Listyo Sigit Silaturahmi ke Mantan Kapolri Minta Doa Restu

Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo bersilaturahmi sekaligus meminta doa restu kepada sejumlah mantan Kapolri untuk meminta dukungan serta wejangan sebelum mengemban tugas menjadi orang nomor satu di Korps Bhayagkara. Silaturahmi ini merupakan tradisi dan bentuk penghormatan kepada pendahulu.

Sejumlah mantan Kapolri yang disambangi antara lain, Jenderal (Purn) Sutarman, Jenderal (Purn) Timur Pradopo, Jenderal (Purn) Badrodin Haiti, Jenderal (Purn) Roesman Hadi dan Jenderal (Purn) Roesdihardjo.

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono menyampaikan, anjangsana ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan generasi muda Polri terhadap pimpinan Polri yang berjasa membentuk organisasi Kepolisian.

“Sebagai anak dan bapak, Pak Sigit meminta dukungan dan wejangan sekaligus silaturahmi kepada mantan Kapolri,” kata Argo dalam keteranganya, Sabtu (16//1/2021).

Dalam pertemuan itu, para mantan Kapolri memberikan pesan agar Listyo Sigit tetap menjaga soliditas internal dengan senior maupun dengan junior. Bahwa mengemban tugas sebagai Kapolri adalah merupakan amanah dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan dengan baik. “Juga menjaga sinergitas dengan TNI yang sudah sangat terjalin baik,” ungkap Argo.

Yang terakhir, kata Argo, pesan para senior agar Polri harus dipercaya oleh masyarakat dengan begitu dalam setiap melakukan tugasnya Polri mendapat dukungan.

Share this:

Komentar

News Feed