oleh

KKP Gandeng Pertamina Pasok Kebutuhan Energi Nelayan Pesisir

Jakarta-b-oneindonesia–Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggandeng PT Pertamina (Persero) untuk memasok kebutuhan energi bagi masyarakat nelayan pesisir.  Kedua pihak sepakat untuk membantu masyarakat nelayan pesisir mempermudah penangkapan ikan.

“Kami melihat kebutuhan masyarakat pesisir itu banyak, dengan adanya MoU ini maka pemenuhan energi akan semakin mudah,” kata Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut KKP Brahmantya Satyamurti Poerwadi di Jakarta, Rabu (25/09/2019).

Ia menyatakan KKP dan Pertamina menandatangani kesepakatan kerja sama sinergi program pengelolaan ruang laut dengan pemanfaatan produk Pertamina di wilayah kerja marketing operation region (MOR) VIII (Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat).

Bentuk nyata dari MoU ini antara lain pemenuhan bahan bakar minyak (BBM) untuk nelayan di sepanjang pesisir, dan kedua adalah pemenuhan elpiji dan pendingin dari Pertamina, Musicool.

Sementara itu, SVP Retail Marketing Business PT Pertamina Jumali menyebutkan potensi kerja sama dengan masyarakat pesisir sangat besar. Bahkan mampu meningkatkan pendapatan Pertamina Mor VIII hingga 50 persen.

Dengan  sinergi tersebut Pertamina akan lebih mudah emetakan kebutuhan energi bagi nelayan. “KKP memiliki data yang lengkap mengenai sebaran nelayan, dan kami membutuhkan keakuratan data itu untuk pemenuhan kebutuhan,” kata Jumali.

Jumali berharap kerja sama bukan hanya dilakukan dengan MOR VIII melainkan seluruh area distribusi Pertamina.

Share this:

Komentar

News Feed