BI Prediksi Defisit Fiskal Akibat COVID-19 Capai Rp 1.400 triliun

Jakarta-b-oneindonesia–Bank Indonesia memprediksi pembiayaan defisit fiskal akibat wabah COVID-19 mencapai sekitar Rp1.400 triliun.

“Hitung-hitungan kasar kami, karena pemerintah punya angka-angka, untuk pembiayaan defisit fiskal itu kurang lebih sekitar Rp1.400 triliun,” kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam keterangan pers daring di Jakarta, Rabu (29/04/2020).

Gubernur BI merinci dari total perkiraan tersebut, sekitar Rp500 triliun di antaranya akan dipenuhi dari saldo kas pemerintah baik yang ada di BI dan perbankan.

Perry menyatakan dana pemerintah berasal dari Badan Layanan Umum (BLU), program pinjaman Bank Pembangunan Asia (ADB) dan Bank Dunia, serta penerbitan obligasi dalam bentuk valuta asing.

Sisanya yakni sekitar Rp900 triliun dikurangi anggaran yang sudah dialokasikan untuk tambahan belanja penanganan COVID-19 yakni total sebesar Rp225 triliun yang terdiri dari kesehatan Rp75b triliun, jaring pengaman sosial Rp110 triliun dan dukungan dunia usaha dan industri Rp70 triliun.

“Dari Rp900 triliun itu sudah dikeluarkan Rp225 triliun sehingga menjadi Rp675 triliun,” katanya.

Perry menuturkan dari Rp675 triliun tersebut di antaranya akan dianggarkan untuk pemulihan ekonomi sebesar Rp150 triliun namun untuk pemulihan ekonomi ini akan dipenuhi dengan mekanisme tersendiri dan belum tentu melalui pasar.

Kemudian, sekitar Rp100 triliun lainnya akan dipenuhi dari kebijakan BI yang menurunkan giro wajib minimum (GWM) sebesar dua persen sebagai bentuk kelonggaran kuantitatif atau quantitative easing (QE) kepada perbankan.

Nantinya, dengan QE itu perbankan wajib membeli SBN yang diterbitkan pemerintah untuk lelang tahap ketiga yakni melalui private placement sehingga pemerintah akan mendapatkan dana sekitar Rp100 triliun.

“Kalau Rp675 triliun dikurangi Rp150 triliun kemudian dikurangi Rp100 triliun, itu kurang lebih ada Rp425 triliun,” katanya.

Perry lebih lanjut mengungkapkan pembiayaan defisit fiskal akan dipenuhi dari lelang yang akan dilaksanakan pemerintah hingga tutup tahun ini.

Dari sisa lelang hingga akhir tahun ini diperkirakan akan mampu dipenuhi hingga Rp425 triliun tersebut.

“Kalau kami hitung sisa lelang sampai dengan akhir tahun itu, kebutuhan nanti dari lelang sebetulnya tidak kemudian melonjak tinggi. Target lelang yang diumumkan pemerintah Insya Allah cukup untuk memenuhi pembiayaan fiskal,” katanya.

Komentar