Crosshijaber, Ini 5 Fakta Pria Berhijab Syar’i dan Masuk Masjid

Jakarta-b-oneindonesia – Sosial media tengah diramaikan oleh fenomena crosshijaber. Hal ini diungkap pertama kali di Twittter dalam sebuah thread oleh @infinityslut. Lantas, apa fakta lain dari crosshijaber?

Dalam thread Twitter tersebut, @infinityslut menceritakan komunitas crosshijaber yang kerap menggunakan hijab syari dan masuk masjid. Padahal, mereka merupakan seorang pria.

Berikut fakta-fakta crosshijaber yang dirangkum detikcom:

1. Arti Crosshijaber

Crosshijaber adalah pria yang mengenakan hijab style seperti wanita. Istilah ini berasal dari crossdressing yang mana pria mengenakan gaun wanita dan tampil dengan make up.

2. Sejarah

Penyimpangan perilaku berpakaian seperti crosshijaber telah dikenal sejak abad ke-5 SM. Hal ini dilakukan oleh Raja Asyur Sardanapulus yang menghabiskan waktunya di istana mengenakan pakaian wanita.

3. Banyak Akun di Instagram

Komunitas crosshijaber banyak ditemui di Facebook dan Instagram. Hanya saja, saat ini sejumlah akun sudah dikunci sehingga tidak ada foto profil cross hijab tersebut.

4. Dalam Agama

Menurut Ketua PBNU, KH Abdul Manan Gani dalam ajaran Islam, seorang pria tidak boleh menggunakan hijab. Penampilan crosshijaber pun menyimpang dari ajaran ilmu fikih.

5. Ramai di Sosial Media

Fenomena crosshijaber ramai dibicarakan di sosial media. Bahkan cuitan Twitter mengenai itu telah diretweet lebih dari 24 ribu kali.

 

 

Komentar