oleh

Puan Maharani dipastikan Ketua DPR RI 2019-2024

Jakarta-b-oneindonesia-Politikus PDIP Puan Maharani resmi dilantik menjadi anggota DPR RI2019-2024. Puan pun sudah melepas jabatannya di Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Wapres Jusuf Kalla.

“Sesuai dengan undang-undang bahwa pejabat negara itu tidak boleh merangkap jabatan,” kata Puan Maharani di kompleks parlemen, Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Puan diketahui menjabat Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK). Dia mengajukan pengunduran diri kepada Presiden Jokowi sejak 30 September 2019.

“Jadi kemarin tanggal 30 September saya sudah izin pamit kepada presiden untuk mengundurkan diri sebagai Menko PMK untuk bisa dilantik sebagai anggota DPR RI,” sebut Puan.

DPR RI hari ini resmi melantik 575 anggota Dewan periode 2019-2024, termasuk Puan Maharani yang mendapat suara terbanyak se-Indonesia. Selain Puan, Yasonna Laoly juga mengajukan pengunduran diri dari jabatan Menkum HAM karena dilantik sebagai anggota DPR 2019-2024.

 Ketua DPR RI 2019-2024

Pelantikan pimpinan DPR RI  periode 2019-2024 akan digelar malam nanti. Puan Maharani dari PDIP dipastikan menjadi Ketua DPR RI.

“Nanti malam jam 19.00 WIB ada Rapat Paripurna untuk ambil sumpah janji Ketua DPR RI yang definitif. Puan Maharani ketuanya,” ujar Ketua DPR RI  sementara, Abdul Wahab Dalimunthe, seusai Rapat Konsultasi bersama Fraksi di Gedung DPR RI, Senayan, seusai Pelantikan Anggota DPR RI 2019-2024.

Dalam rapat konsultasi, fraksi-fraksi yang berhak mendapat kursi Pimpinan DPR RI  mengirimkan nama kadernya. Hanya PKB yang masih meminta waktu hingga pelantikan dilakukan.

“PKB belum. Jadi nanti satu jam lagi baru. Dia minta waktu satu jam lagi,” sebut Abdul.

Anggota DPR RI tertua di periode ini menyebut PKB belum memberi kisi-kisi siapa yang akan ditunjuk sebagai Pimpinan DPR RI . Abdul juga mempersoalkan mengapa Muhaimin Iskandar yang merupakan anggota fraksi sekaligus Ketum PKB tak hadir di rapat konsultasi.

“Aturannya Muhaimin lah ya yang datang, ya kan,” kata Abdul.

Abdul lalu merinci 3 Wakil Ketua DPR RI  yang sudah dipastikan oleh fraksi-fraksi yang mendapat jatah kursi Pimpinan DPR RI . Untuk Golkar adalah Azis Syamsuddin, Gerindra adalah Sufmi Dasco Ahmad, dan NasDem adalah Rachmat Gobel.

Pimpinan DPR RI itu akan dilantik oleh Mahkamah Agung. Total ada  1 Ketua dan 4 Wakil Ketua DPR RI.

 

Share this:

Komentar

News Feed