USU, UNDIP dan UGM Menang Lomba Debat Konstitusi MPR

Yogyakarta, b-oneindonesia-Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono menyerahkan hadiah Lomba Academic Constitutional Drafting 2019 dan Lomba Debat Konstitusi 2019. Lomba  diselenggarakan oleh MPR RI dalam rangka memperingati Hari Konsitusi 2019 beberapa waktu lalu. Prosesi penyerahan hadiah ini dilakukan pada acara puncak Festival Konstitusi dan Anti Korupsi 2019 di Graha Sabha Permana Kampus UGM Bulaksumur, Yogyakarta.

Ma’ruf Cahyono menyerahkan hadiah kepada para pemenang, diwakili oleh tiga peraih gelar juara. Untuk juara pertama lomba Debat Konstitusi dimenangkan oleh  Febry Indra Gunawan dari Universitas Sumatera Utara (USU).

Kemudian  juara pertama lomba Academic Constitutional Drafting diraih oleh  Farid Ibrahim dari  Universitas Diponegoro (Undip)  Semarang, sementara  dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta diterima oleh Jery Hutagalung.

MPR RI  menggelar Festival Konstitusi & Anti Korupsi 2019 bersama Komisi Pemberantasan Korups (KPK),  Mahkamah Konstitusi (MK) dan  terpilih sebagai tuan rumah dari Kampus  UGM.

Mengusung tema “Ukir Jejak Integritasmu Mewujudkan Budaya Konstitusi dan Anti Korupsi”, dibuka secara resmi oleh Gubernur DI Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono,  kemudian dilanjutkan pemukulan gong didampingi Ketua KPK Agus Rahardjo, Sekjen MPR RI  Ma’ruf Cahyono, Wakil Ketua MK Aswanto, dan Rektor UGM Panut Mulyono.

Panut Mulyono, menjelaskan Festival Konstitusi dan Anti Korupsi 2019 ini telah dimulai sejak, Selasa (10/9/2019).  Diawali dengan berbagai kegiatan, antara lain Diskusi Panel bertema Evaluasi Pelaksanaa UUD NRI Tahun 1945, Talkshow, serta Pameran Perustakaan yang diikuti oleh MPR RI, KPK, MK, dan UGM.

Puncak acara, Rabu (11/9/2019), penyerahan untuk pemenang lomba Debat Konstitusi dan lomba Academic Constitutional Drafting, juga di isi dengan kegiatan penandatangan Fakta Integritas Anti Korupsi.

Untuk kegiatan deklarasi anti korupsi naskahnya ditandatangani Ketua KPK Agus Rahardjo, Wakil Ketua MK Aswanto, Sesjen MPR Ma’ruf Cahyono, dan Rektor UGM Prof. Panut Mulyono, disaksikan Sultan Hemengku Buwono.

“Hari ini dari Yogya kita gaungkan gerakan anti korupsi untuk dunia,” ungkap Sultan Hamengku Buwono, di depan sekitar 3000 mahasiwa dan siswa-siswi dari puluhan sekolah SLTA. Acara dipandu oleh presenter kondang Valerina Daniel. (dyp)

 

Komentar