BFI Finance Dorong UMKM Pontianak Naik Kelas Melalui Pelatihan Bisnis Mikro

Pontianak-b-oneindonesia- PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFI Finance) kembali membuktikan komitmennya dalam mewujudkan visi Perusahaan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Melalui kegiatan pelatihan bisnis mikro dan bazar aneka produk, BFI Finance mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Pontianak, Kalimantan Barat. Bertajuk “#SelaluAdaJalan Awali Usaha Dari Hal Sederhana”, pelatihan bisnis dan bazar dilaksanakan di Hotel Golden Tulip Pontianak selama dua hari, pada 18 dan 19 Oktober, yang dihadiri oleh ratusan pelaku UMKM di Pontianak dan sekitarnya.

“BFI Finance turut berperan aktif dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia, salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatan ini. Pelaku UMKM selayaknya terus difasilitasi agar naik kelas, mampu menyerap tenaga kerja yang lebih besar dan mampu berkontribusi nyata dalam pertumbuhan ekonomi di masing-masing daerah, termasuk di Pontianak,” ujar Manager BFI Finance Wilayah Pontianak Bambang Hartoyo

Berdasarkan hasil Laporan Kinerja Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (Kemenkop RI), pada tahun 2018 terdapat 64,19 juta unit usaha UMKM di Indonesia dengan kontribusi mencapai 60% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Dari data tersebut, jumlah tenaga kerja yang terserap mencapai lebih dari 116,97 juta jiwa.

Bambang menambahkan,  meskipun jumlah UMKM mengalami pertumbuhan yang pesat, namun mereka masih membutuhkan dukungan berbagai pihak untuk bisa meningkatkan skala usahanya. Pelatihan bisnis ini bertujuan meningkatkan kualitas dan kapasitas mereka sebagai pelaku usaha agar dapat berkembang lebih maju, bermental kuat, dan cerdik melihat persaingan dan potensi pasar.

Dalam kegiatan ini BFI Finance menggandeng PontiMarket, organisasi yang fokus pada pengembangan SDM UMKM, pengembangan ide kreatif, dan memotivasi untuk meningkatkan entrepreneurship. Pelatihan bisnis ini mengangkat topik seputar kisah sukses pelaku usaha dari luar Kalbar, cara memaksimalkan bisnis online, serta bagaimana menangani keluhan pelanggan.

Dengan adanya kegiatan tersebut, lanjut Bambang,  BFI Finance  dapat menjadi wadah komunikasi antar pelaku UMKM di Pontianak dan sekitarnya untuk bertukar pengalaman dan memperluas jaringan. “ Kami berharap, kegiatan ini dapat menjadi kesempatan para pelaku UMKM untuk mengetahui beragam solusi yang ditawarkan oleh BFI Finance dalam mendampingi kegiatan usaha mereka.”

 

Bambang menuturkan, BFI Finance senantiasa mendekatkan diri melalui program pemberdayaan masyarakat. Perusahaan telah melayani pembiayaan masyarakat Kota Pontianak selama lebih dari satu dekade hingga menyebar ke daerah-daerah lain di Provinsi Kalbar, seperti Sanggau, Sintang, dan Ketapang dan beberapa di daerah lainnya.

Semester I-2019, BFI Finance di Kalimantan Barat telah menyalurkan pembiayaan senilai Rp193,5 miliar, tumbuh 13% dibanding periode yang sama tahun lalu. Kontribusi pembiayaan baru paling banyak dari pembiayaan mobil bekas sebesar 86,4% yang sebagian besar untuk tujuan pembiayaan multiguna/konsumtif selain tujuan produktif (investasi dan modal kerja) guna menunjang usaha.

Komentar