oleh

Hati-Hati Malware Baru Menggerogoti Ponsel Anda

-Headline, Teknologi-13.742 views

Jakarta B-ONEINDONESIA– Pengguna android perlu berhati -hati menginstal aplikasi yang bukan berasal dari Play Store. Baru-baru ini ditemukan malware jahat bernama Xhelper yang sulit dihapus karena bisa menginstal ulang sendiri.

Ditemukan Cybersecurity Symantec bahwa Malware ini sudah sudah menginfeksi lebih dari 40.000 perangkat seperti yang disampaikan Android Central, Kamis (31/10)

Aplikasi ini didistribusikan melalui situs web dan mendorong  transfer file tanpa gunakan internet  ke perangkat mereka. Berikutnya aplikasi ini akan menginstal trojan xHelper ke perangkat ponsel, kemudian aplikasi  mengirim spam ke perangkat dengan notifikasi dan  berupa iklan singkat pop-up.

Menurut peneliti Symantec dan Malwarebytes mangatakan  aktivitas aplikasi jahat ini tampaknya terbatas pada anjuran atau ajakan bagi pengguna perangkat untuk mengunduh aplikasi lain atau bermain game online. Penyebarnya akan  mendapatkan pendapatan mereka dari setiap instalasi dan jumlah konten yang di klik.

Perlu diketahui juga bahwa xHelper juga tidak bisa dihapus dari perangkat dan juga tidak terlihat saat kita mengoperasikan ponsel karena menggunakan sistem enkripsi. Pengguna akan sulit menemukan aplikasi jahat dan merasa tidak ada sistem yang mengganggukarena aktivitasnya tidak terlihat atau tanda-tanda ikon dimunculkan.

Pengguna ponsel disarankan untuk tidak mengunduh dan menginstall aplikasi yang berasal dari sumber tidak terpercaya (verified)  atau di luar Play Store. Juga harus waspada  bila ada aktifitas dalam laman yang mengarahkan ke situs web lain yang tidak kita inginkan.

Share this:

Komentar

News Feed