Undip Kehilangan Tokoh Senior Alumni GMNI Prof Muladi SH sebagai Guru Besar Terbaik

Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip, Prof H Muladi SH ketika menyampaikan materi dalam kegiatan Pengendalan Akademik dan Kegiatan Mahasiswa (PAKEM) untuk mahasiswa baru USM, Sabtu (5/9/2020) secara daring.

Jakarta, b-Oneindonesia – Keluarga besar civitas akademika Universitas Diponegoro (Undip), kehilangan salah satu putra terbaiknya. Prof Dr H Muladi SH telah berpulang pada Kamis (31/12) sekitar pukul 06.45 WIB.

Kabar duka perihal berpulangnya mantan Menteri Kehakiman, Menteri Sekretaris Negara dan juga mantan Rektor Undip ini diterima melalui Kepala Sub Bagian Humas Undip, Utami Setyowati, Kamis pagi. Ia menyampaikan, hari ini keluarga besar Undip kehilangan salah satu Guru Besar terbaiknya, Prof Dr H Muladi SH yang menghadap ke hadirat Illahi.

Rencananya jenazah akademisi yang juga pernah menjabat sebagai Gubernur Lemhanas tersebut akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

“Kami keluarga besar Undip menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya dan semoga almarhum husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran,” kata Utami.

Tak lupa ia juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas ucapan belasungkawa dan doa dari masyarakat atas berpulangnya Prof Dr H Muladi SH. “Terimakasih atas doa dari seluruh masyarakat untuk almarhum,” lanjutnya.

Kabar duka juga disampaikan Ketua Dewan Pakar PA GMNI Theo Sambuaga, “Turut Berdukacita sedalam2nya atas meninggalnya Prof Muladi, senior Alumni GMNI , tokoh nasional. Semoga Mas Muladi diterima disisi Tuhan YMK dan keluarga yg ditinggalkan diberikan kekuatan dan keikhlasan”.

Rektor Undip Yos Johan Utama membenarkan kabar meninggalnya guru besar hukum tersebut. “Keluarga besar Senat Akademik dan Dewan Profesor Universitas Diponegoro kehilangan salah satu guru besar terbaiknya,” kata Yos melalui singkat ketika dihubungi di Semarang.

Menurut informasi, kata dia, Prof Muladi meninggal dunia pada Kamis pukul 06.45 WIB. Ia menambahkan jenazah almarhum rencananya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibatan Jakarta.

“Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran,” katanya.

Prof Dr H Muladi SH lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada 26 Mei 1943. Almarhum merupakan seorang akademisi, hakim dan sekaligus politikus Indonesia. Sejumlah jabatan penting pernah diembannya, seperti Rektor Undip, Menteri Kehakiman dan Menteri Sekretaris Negara pada masa pemerintahan Presiden Soeharto dan BJ Habibie (1998-1999). Selain itu juga pernah menjabat sebagai Hakim Mahkamah Agung (2000-2001) serta Gubernur Lemhanas.

Komentar