Thailand Catat Kematian Pertama Akibat Virus Corona

Bangkok-b-oneindonesia–Seorang laki-laki Thailand berusia 35 tahun meninggal dunia akibat virus corona.  Ini mennjadi kematian pertama di Thailand.

Menurut Dirjen Departemen Pengendalian Penyakit, Suwanchai Wattanayingcharoen pada Minggu (29/02/2020) menyatakan sebanyak 42 kasus virus corona ditemukansejak Januari, dengan 30 di antaranya dinyatakan sembuh dan 11 pasien lagi masih menjalani perawatan di rumah sakit.

Pejabat kesehatan Thailand mengatakan korban bekerja di sektor ritel, di mana banyak melakukan kontak dengan warga asing selama awal kemunculan wabah tersebut.

“Ini merupakan kasus penularan lokal, dan ia mungkin tertular dari turis China,” kata Suwanchai saat konferensi pers.

Pasien awalnya dibawa ke rumah sakit swasta karena mengalami demam berdarah sejak 27 Januari. Ia lantas didiagnosa terkena virus corona dan dilarikan ke pusat pengobatan utama milik pemerintah pada 5 Februari, tambahnya.

Ia pun akhirnya meninggal akibat gagal fungsi berbagai organ.

Langkah baru untuk menangani penyebaran virus corona, yang sebelumnya dicanangkan Komite Nasional untuk Penyakit Menular Thailand, mulai berlaku pada Minggu.

Pejabat Kesehatan kini dapat memerintahkan mereka yang diduga terinfeksi virus corona agar dikarantina dan menjalani pengobatan. Pihaknya kini juga dapat memerintahkan penutupan lokasi atau area umum guna membendung penyebaran virus.  (ap/afp)

Komentar