Ketua DPR RI Puan Maharani Hadiri Pertemuan Para Ketua Parlemen G20

Jakarta, b-oneindonesia- Ketua DPR RI Puan Maharani jadi Pembicara dalam acara Perdagangan Dunia Terbuka dan Adil Di Forum Parlemen G-20.

Dikatakannya, ditengah ketegangan perang dagang Antar negara-negara besar, semakin dituntut tata perdagangan dunia yang terbuka dan adil. Ketua DPR RI Puan Maharani dalam IPU G20 menyampaikan pandangan Indonesia terkait dengan perdagangan dunia yang adil dan terbuka.

IPU G20 Tokyo dibahas dalam 3 sesi mengenai tatanan perdagangan, inovasi teknologi, dan perkembangan SDGs.

Indonesia mendapatkan kesempatan menyampaikan pandangannya sebagai keynote speaker pada sesi SDGs dan memberikan catatan intervensi pada sesi lainnya.

Pandangan Indonesia yg disampaikan oleh Puan Maharani, dikatakannya, perdagangan bebas harus disesuaikan pada kepentingan rakyat, inovasi teknologi memberikan akses yg luas bagi setiap negara, setiap masyarakat, untuk memajukan SDM dan ekonomi, serta komitment SDGs harus sejalan dalam membangun kapasitas bersama dalam bidang sosial, politik, ekonomi, dan budaya yg seimbang sehingga memberikan manfaat bagi semua pihak.

Puan Maharani dijadwalkan memberikan presentasi di depan para ketua parlemen negara-negara G-20 itu pada 4 November 2019.

“Perdagangan internasional harus bisa diakses oleh semua pihak, termasuk oleh negara maju maupun negara berkembang, perusahaan besar, atau usaha kecil menengah (UMKM). Sistem perdagangan global yang inklusif harus dapat menjamin bahwa setiap orang mendapat manfaat dari perdagangan internasional,” ujar Puan di Tokyo dalam pertemuan pendahuluan.

G20 Parliamentary Speaker’s Summit memberikan kesempatan bagi Ketua Parlemen negara G20 untuk bertukar pikiran tentang upaya yang telah dilakukan guna meningkatkan kerja sama internasional dalam menanggulangi tantangan yang dihadapi masyarakat.

Dalam pertemuan, Puan memimpin sesi yang membahas tema pembangunan sosial berkelanjutan. Puan membawakan makalah berjudul: “Efforts towards Resolution of Global Challenges and Achievements of the SDGs (Financing for Development, Need for Transparent and Effective Governmen)

“DPR RI telah membetuk Panja Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Pengalaman-pengalam kita, saya share di depan para pemimpin parlemen negara-negara maju yang tergabung dalam G-20,”ujarnya.

Menurut Puan, DPR RI telah menyelenggarakan the World Parliamentary Forum on Sustainable Development (WPFSD) selama 3 tahun berturut-turut. “Kita mendorong parlemen negara-negara di dunia untuk terlibat aktif dalam kesuksesan tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” ujar Puan.

Komentar