Pemimpin Spiritual Iran Ancam Usir Warga AS dari Iran dan Suriah

Teheran-b-oneindonesia–Pemimpin spiritual Iran Ayatullah Ali Khamenei pada Minggu (17/05/2020) mengancam akan mengusir orang-orang Amerika Serikat dari Irak dan Suriah.  Ia menuntut atas penarikan pasukan AS dari Timur Tengah.

Iran nyaris terjerumus ke dalam konflik menyeluruh dengan AS ketika sebuah serangan pesawat nirawak negara di bawah Presiden Donald Trump itu membunuh komandan militer penting Iran Qassem Soleiman di Baghdad pada 3 Januari, yang memicu Teheran membalas dengan serangan rudal ke pangkalan AS di Irak beberapa hari kemudian.

Khamenei mengatakan tindakan-tindakan Amerika di Afghanistan, Irak dan Suriah membuat mereka dibenci.  Demikian kutipan pidato Khamenei di depan mahasiswa yang diterbitkan pada sebuah laman.

“Orang-orang Amerika tak akan tinggal di Irak dan Suriah dan akan diusir,” kata Khamenei.

Bulan lalu, Trump mengatakan dia memerintahkan Angkatan Laut AS menembak setiap kapal Iran yang mengganggu di laut, namun kemudian mengatakan dia tak akan mengubah aturan keterlibatan militer.

Setelah pernyataan Trump, kepala Garda Revolusi Iran, Mayor Jenderal Hossein Salami, mengatakan bahwa Republik Islam akan menghancurkan kapal perang AS jika keamanannya terancam di Teluk. (ap/afp)

 

Komentar