Presiden Jokowi Tanam Bibit Vetiver di Bogor

Bogor-b-oneindonesia–Presiden Joko Widodo menanam bibit akar wangi atau Vetiver di Desa Pasir Madang, Sukajaya, Kabupaten Bogor, Senin (03/02/2020), dengan harapan tanaman berakar kuat itu dapat mencegah longsor di kala cuaca sedang buruk.

Presiden tiba di Desa Pasir Madang menggunakan kendaraan berjenis “Special Utility Vehicle” (SUV). Berkemeja putih dengan jaket bomber, Presiden juga meninjau lokasi longsor di Desa Harkat Jaya, Sukajaya, sebelum ke Pasir Madang.

“Di Sukajaya kita siapkan ribuan bibit tanaman, baik yang memiliki sisi ekonomis seperti jengkol, sengon, dan lainnya. Tapi juga ada yang fungsi untuk perbaikan ekologi seperti vetiver, sereh,” ujarnya.

Presiden secara simbolis menanam bibit tanaman tersebut di lereng bukit di Kecamatan Sukajaya. Kepala Negara meminta masyarakat untuk tidak mencabut atau merusak tanaman yang memiliki sifat perlindungan ekologi, seperti vetiver dan sereh.

Sebaliknya, kata Jokowi, masyarakat di Sukajaya dapat memanfaatkan hasil panen dari tanaman-tanaman dengan nilai ekonomis seperti jengkol, pete atau sengon.

“Maka itu, kami juga tanam yang bernilai ekonomi agar dapat dimanfaatkan masyarakat,” ujarnya

Vetiver bernama ilmiah Vetiveira zizanioides L atau Andropogon murica ini memiliki bentuk rumpun dengan akar yang rimbun.

Vetiver adalah tanaman dari golongan rumput dengan ketinggian 0,5 hingga 1,5 meter dan mampu tumbuh lurus ke dalam tanah.

Sistem akarnya yang rimbun adalah senjata yang sangat diandalkan untuk menahan erosi dan longsor.

 

Komentar