Presiden Jokowi Bersama Jusuf Kalla Bersilaturahmi Akhir Kerja Dengan Para Menteri Kabinet Kerja

Jakarta, b-oneindonesia – Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla menyelenggarakan silaturahim bersama sejumlah menteri Kabinet Kerja. Acara itu diselenggarakan di Istana Negara, Jakarta pada Jumat siang. Ini adalah hari kerja terakhir Kabinet Kerja.

Sebelum memulai acara, Jokowi dan Kalla menyempatkan diri untuk berfoto bersama para menteri di tangga teras Istana Merdeka Jakarta. Mereka berdua diapit Ibu Negara Iriana Widodo dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla, serta mantan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, dan Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution.

Sebagaimana diketahui, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Jenderal TNI (Purnawirawan) Wiranto, masih dirawat setelah diserang secara fisik dan terluka di Banten, beberapa hari lalu.

Dalam foto bersama itu, pada barisan kedua berdiri Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan Djalil, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir, Menteri Agama, Lukman Saifudin, Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri, Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, Jaksa Agung, M Prasetyo, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, dan mantan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly.

Kemudian pada baris ketiga yakni Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf, Menteri Sosial, Agus Gumiwang, Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu, Wakil Menteri ESDM, Archandra Tahar, Menteri BUMN, Rini Soemarno, Menteri ESDM, Ignasius Jonan, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi, Syafrudin, dan Menteri Perhubungan, Budi Sumadi.
Lalu di baris keempat yakni Wakil Menteri Luar Negeri, AM Fachir, Kepala BKPM, Thomas T Lembong, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo, Menteri/Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek, Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dan Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Selanjutnya di baris kelima berdiri Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Sandjojo, Kepala Badan Intelijen Negara, Budi Gunawan, dan Menteri Sekretaris, Negara Pratikno.
Dalam sambutannya, Jokowi mengapresiasi dan berterima kasih atas kinerja para menteri dan kepala lembaga.

Ia  menjelaskan selama ini jika bertemu dengan menteri-menterinya kerap membahas hal-hal yang serius. Jokowi juga memohon maaf kepada para menteri jika dia kerap menelpon tengah malam. Ia menjelaskan hal itu dilakukan karena urusan negara.

Komentar