Presiden Jokowi Apresiasi Dukungan MUI dan Ormas Islam Dalam Pencegahan COVID-19

Jakarta-b-oneindonesia–Presiden RI Joko Widodo mengapresiasi dukungan Majelis Ulama Indonesia dan organisasi kemasyarakatan Islam dalam membantu mencegah penyebaran COVID-19 melalui fatwa dan imbauan-imbauannya kepada umat Muslim.

“Pemerintah menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya, kepada MUI, kepada Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, kepada PP Muhammadiyah dan semua ormas Islam lainnya yang telah mendukung dan membantu pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19,” kata Presiden di Jakarta, Selasa (19/05/2020).

Pernyataan itu disampaikan Presiden dalam pengantar Rapat Terbatas Persiapan Idul Fitri 1441 H/2020 M, yang diselenggarakan melalui video conference dari Istana Merdeka, Jakarta, Selasa.

Presiden juga mengatakan sangat mendukung dan mengapreasiasi adanya fatwa dan imbauan yang disampaikan kepada seluruh umat Islam di Indonesia terkait dengan peribadatan maupun amaliyah selama pandemi COVID-19, termasuk mendukung keputusan pemerintah untuk melarang mudik.

Sebelumnya MUI mengeluarkan fatwa terkait tata cara sholat Ied di rumah pada masa pandemi COVID-19. Dua ormas Islam terbesar di Tanah Air, PBNU dan Muhammadiyah juga mengeluarkan surat edaran yang mengimbau umat Islam untuk sholat Ied di rumah guna mencegah penyebaran COVID-19.

Komentar