oleh

Presiden Jokowi Umumkan 6 Menteri Baru Lebih Cepat Dari Rencana Semula

-Istana-6.901 views

Jakarta, b-OneindonesiaPresiden Jokowi akhirnya mengumumkan 6 menteri baru. Pengumuman dilakukan lebih cepat dari rencana semula, yaitu Rabu, 23 Desember 2020.

Perkenalan dilakukan di Istana Merdeka, Selasa (22/12). Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin kompak mengenakan kemeja putih, sementara keenam menteri baru kompak mengenakan kemeja putih yang dipadukan dengan jaket biru.

Presiden Jokowi mengumumkan reshuffle kabinet. Dalam konferensi pers yang digelar secara virtual dari Istana Merdeka, Jokowi menjelaskan alasan mengapa ia melakukan reshuffle kabinet.

“Saya bersama-sama dengan Wapres ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota kabinet Indonesia Maju. Saya akan memperkenalkan satu persatu,” kata Jokowi.

Pertama yang diperkenalkan Jokowi adalah Tri Rismaharini alias Risma yang ditunjuk menjadi Mensos. Kemudian, Jokowi memperkenalkan Sandiaga Uno. “Beliau adalah dulu Wagub DKI, ketua HIPMI, saat ini beliau akan kita berikan tanggung jawab memimpin Kementerian Parekraf,” jelas Jokowi.

Kemudian, Budi Gunadi Sadikin yang menjadi Menkes. Kemudian, Yaqut Cholil Qoumas akan menjadi Menag untuk menggantikan Fachrul Razi. “Yang keempat adalah Bapak Yaqut Cholil Qoumas. beliau adalah tokoh muslim, ketua GP Ansor dan akan kita berikan tanggung jawab sebagai Menag,” kata Jokowi.

“Kelima, Wahyu Sakti Trenggono. Beliau sekarang ini Wamenhan dan akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri KKP,” kata Jokowi.

Terakhir, Dubes RI untuk AS M. Lutfi bakal menjadi Mendag. “Beliau sebelumnya Kepala BKPM, Mendag, kemudian duta besar RI untuk Jepang dan terakhir dubes RI untuk AS dan sekarang akan kita berikan tugas memimpin kementerian perdagangan,” ujar Jokowi.

Share this:

Komentar

News Feed