Bupati Tolitoli Berbaur Pesta Nelayan di Desa Ogotua

Tolitoli, b-Oneindonesia – Ratusan masyarakat nelayan Desa Ogotua Kecamatan Dampal Utara menggelar pesta nelayan pada Minggu pagi (30/8) di pantai Desa Ogotua. Pesta Nelayan yang didukung oleh Pemerintah Desa Ogotua dan Pemerintah Kecamatan Dampal Utara itu dihadiri oleh Bupati Tolitoli Hi. Moh. Saleh Bantilan, SH.,MH.

Pesta Nelayan sebagai tradisi ini memiliki landasan filosofis yang berakar dari keyakinan keagamaan dan nilai-nilai budaya lokal yang dianut oleh masyarakat Desa Ogotua sebagai salah satu cara nelayan mengekpresikan rasa syukur kepada Tuhan atas tangkapan ikan yang mereka peroleh serta permohonan keselamatan dalam mencari nafkah di laut. Pesta Nelayan yang juga sebagai ungkapan rasa syukur ini, merupakan acara yang dihelat oleh masyarakat nelayan Desa Ogotua pada setiap bulan Muhartam Hijiriyah.

Bupati Tolitoli Hi. Moh. Saleh Bantilan, SH.,MH saat memberikan sambutannya mengharapkan agar budaya pesta nelayan ini dapat dipertahankan sebagai suatu budaya kearifan lokal yang ada di Desa Ogotua sebab pesta Nelayan ini kata Bupati dapat menanamkan budaya dan bentuk rasa syukur atas melimpahnya hasil laut kepada generasi muda.
Kepada seluruh nelayan yang ada Bupati meminta untuk tetap menjaga kebersihan dan kelestarian laut tempat masyarakat mencari nafkah dan senantiasa bekerja sama demi menjaga kelestarian laut Desa Ogotua dan tidak menggunakan cara yg dilarang dlm menangkap ikan.

Acara tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Perikanan Provinsi Sulawesi Tengah, Hi. Moh. Arif Latjuba, SE.,M.Si, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Tolitoli Letkol Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono, Komandan Kodim 1305 Buol Tolitoli Letkol (Inf) Farid Yudis Purwanto, Asisten Sekda Kabupaten Tolitoli Bidang Administrasi Umum Ir. Hardiyan, M.Si, Camat Dampal Utara Syafruddin Dg. Parebba, SH, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Dampal Utara, Kepala Desa Ogotua Abdul Malik serta seluruh Kepala Desa se Kecamatan Dampal Utara.

Komentar