Garuda Muda U19 Lolos Piala Asia 2020

Indonesia sukses memastikan diri mendapat satu tikat ke putaran final Piala Asia U-19 2020. Kepastian itu didapat setelah Indonesia meraih satu poin dari laga terakhir Grup K Kualifikasi Piala Asia U-19 melawan Korea Utara, di Stadion Utama Gelora Bung Karno Minggu (10/11/2019).

Indonesia dan Korea Utara mengakhiri laga dengan skor seri 1-1. Pada laga tersebut, Indonesia lebih dahulu tertinggal.  Korea Utara unggul lebih dahulu pada menit ke-40 yang dicetak Kim Kwang Chong. Gol balasan dari Timnas Indonesia terjadi babak kedua pada menit ke-61 lewat eksekusi penalti Amiruddin Bagus Kahfi.

Cukup dengan tambahan satu poin memastikan Indonesia lolos ke Piala Asia U-19 2020 dengan status juara Grup  dengan 7 point.

Pertandingan ini berjalan dengan tempo sedang karena kedua tim bermain sangat hati-hati awal babak pertama. Permainan timnas Indonesia berubah dipertengahan  laga. Permainan sayap oleh Fajar Fathur di sayap kiri dan Bagus Kahfi di sisi kanan menjadi daya dobrak pertahanan  Korea Utara.

Pada pertandingan ini tim Korea Utara terlihat kesulitan menembus pertahanan Indonesia. Beberapa peluang  berhasil dibendung oleh Timnas Indonesia. Beberapa tendangan yang mengarah ke gawah berhaslil ditepis penjaga gawang Ernando.

Permainan  Korea Utara berhasil  mengejutkan Indonesia pada menit ke-40. Kim Kwang Chon yang bermain sebagai Kapten berhasil mencetak gol  lewat sepakan yang indah  dari luar kotak penalti. Skor 1-0 untuk Korea Utara bertahan hingga babak pertama usai

Di babak kedua, Indonesia berusaha mengubah permainan  dengan memasukkan penyerang. Fakhri Husaini selaku pelatih memasukkan Supriadi di awal babak kedua.  Masuknya Supriadi benar-benar menambah daya serang Timnas Indonesia.

Pada menit ke-61,  Bagus Kahfi dijatuhkan di kotak pinalti sehingga Timnas dihadiahi penalti. Bagus kahfi sebagai eksekutor berhasil memasukkan gol dari titik penalti dengan tenang mengecoh kiper Sin Kwang Guk dengan tembakan ke  kanan gawang. Berhasil menyamakan kedudukan, Indonesia tidak mengurangi intesitas serangan. Sementara itu, di menit-menit akhir pertandingan timnas Indonesia fokus pada pertahanan. Skor tetap imbang 1-1 di akhir pertandingan.

Komentar