Usai Rakornas PDIP Akan Umumkan Rekomendasi Pilkada 2020

Jakarta,b-oneindonesia – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan mengumumkan rekomendasi Pilkada 2020 di 44 daerah usai Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I. Penundaan pengumuman itu mengingat bencana banjir dan longsor yang terjadi di beberapa daerah.

“Ya sebenarnya 44 daerah sudah siap, hanya saja partai lebih memilih mengedepankan gerak kemanusiaan karena kerusakan lingkungan ini terjadi cukup masif terlebih juga curah hujan yang begitu besar,” kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (8/1/2020).

Karena itu, Hasto mengatakan soal banjir akan menjadi salah satu topik di Rakernas I PDIP. Seluruh calon kepala daerah juga diminta berkomitmen terhadap lingkungan.

“Karena itu ketika terjadi banjir di Jakarta dan kita melihat aspek-aspek perencanaannya tidak proper tapi ini adalah ibu kota negara kita dan kemudian kami mengambil inisiatif sesuai dengan arahan Ibu Megawati Soekarnoputri agar rakernas menaruh perhatian terhadap hal tersebut, sehingga komitmen terhadap lingkungan juga menjadi visi misi dari seluruh calon kepala daerah yang diusung PDI Perjuangan,” ujarnya.

Dikatakan Hasto penundaan pengumuman rekomendasi tersebut akibat adanya urusan lingkungan yang lebih mendesak. Menurutnya, kebijakan-kebijakan yang mengutamakan lingkungan lebih penting untuk menjadi prioritas saat ini.

“Ya tidak ada pengumuman karena skala prioritas kemarin kita mau mengadakan rapat maraton tanggal 5 sampai 8 (Januari), tapi kemudian karena banjir dengan korban jiwa yang begitu besar maka menimbulkan tanggung jawab pada aspek kemanusiaan untuk dikedepankan. Karena masih ada waktu untuk membahas hal tersebut,” ujar Hasto.

Hasto mengungkapkan hasil rekomendasi dari 44 daerah untuk Pilkada 2020 akan diumumkan usai rakernas. Dia ingin hasil rakernas juga dapat menjadi komitmen bagi kepala daerah yang akan diusung PDIP.

“Setelah rakernas kami akan segera. Sehingga nanti sekaligus hasil-hasil rakernas juga menjadi komitmen bagi kepala daerah untuk dijalankan,”

Seperti diketahui, PDIP akan mengumumkan sebagian rekomendasi Pilkada 2020 dalam perayaan HUT ke-47 PDIP pada 10 Januari 2020.

Komentar