Kemenangan Joe Biden Jadikan Spirit Partai Demokrat di Indonesia

Jakarta, b-Oneindonesia – Jagoan capres Partai Demokrat, Joe Biden berhasil memenangkan Pilpres AS mengalahkan petahana Donald Trump. Ucapan selamat datang dari berbagai pihak salah satunya Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

AHY beberapa kali menulis cuitan ucapan selamat kepada Joe Biden dan Kamala Harris yang terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden AS periode 2020-2024. Ia berharap kemenangan Biden jadi spirit Partai Demokrat di Indonesia.

“Sekali lagi, saya mengucapkan selamat dan sukses atas terpilihnya Joe Biden & Kamala Harris sbg Presiden & Wakil Presiden AS periode 2020-2024. Semoga kebangkitan Partai Demokrat AS menambah semangat baru bagi kebangkitan Partai Demokrat di Indonesia pada masa kini & mendatang,” tulis AHY di akun Twitternya, @AgusYudhoyono yang dikutip pada Minggu (8/11/2020).

Dia pun berharap hubungan antara RI dengan AS makin meningkat terutama penanganan COVID-19 yang menyebabkan krisis global saat ini.

Selain COVID-19, ada persoalan isu HAM sampai pertahanan dan keagamaan.
“Saya berharap hubungan bilateral, kerja sama & kemitraan strategis antara Indonesia-AS makin meningkat, khususnya dlm upaya besar atasi krisis Covid-19 & krisis ekonomi global saat ini. Juga dlm isu HAM, keadilan & demokrasi; Islam & Barat, perubahan iklim, pertahanan & keamanan,” tambah AHY.

Kemudian, AHY langsung mengucapkan selamat menggunakan Bahasa Inggris dengan mention akun Twitter Joe Biden.
Sebelumnya, usai memenangi pengitungan Pilpres AS, Joe Biden bersama Kamala Harris menyampaikan pidato kemenangannya di negara bagian Delaware. Biden mengatakan akan memperjuangkan persamaan dan tak ada perbedaan usai perhelatan Pilpres AS. Menurut Biden, saat ini adalah momen yang tepat untuk negara bersatu dan lupakan kemarahan karena politik.

Dalam penghitungan melawan Trump, Biden mendapatkan total 290 Electoral College. Angka itu melebihi syarat suara minimal 270. Sementara, Trump cuma 214 suara.

Komentar