Wagub Ahmad Riza Patria Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Gantikan Mohamad Taufik

Jakarta, b-Oneindonesia – Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria resmi terpilih sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Gerindra DKI Jakarta beberapa waktu lalu. Ia berjanji akan membawa partainya itu berjaya di ibu kota.

Riza mengaku akan melanjutkan segala capaian yang diraih oleh pendahulunya, Mohamad Taufik yang telah menjabat sebagai Ketua DPD Gerindra DKI selama 12 tahun.
Taufik sendiri kini telah menjadi Ketua Dewan Penasihat Gerindra DKI.

Menurutnya apa yang dicapai Taufik tidak mudah karena membangun partai lambang garuda ini dari awal di ibu kota.

“Bang Taufik yang ditunjuk oleh pak Prabowo dulu yang mendirikan partai, agar memimpin (DPD) di Jakarta selama 12 tahun. Kemudian, sekarang beliau berhasil,” ujar Riza kepada wartawan, Senin (19/10/2020).

Menurutnya Gerindra sejak dua Pemilu terakhir sudah menjadi partai pemenang hingga sekarang. Pada tahun 2012, ia menyebut partainya berhasil menang setelah berkoalisi dengan PDI-Perjuangan mengusung pasangan Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Kemudian, pada tahun 2017, masih di bawah kepemimpinan Taufik, Gerindra berhasil mempertahankan kemenangannya setelah berkoalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Mantan Ketua DPP Gerindra ini meyakini dua kemenangan itu tidak mudah karena lawannya selalu calon petahana.

“Jumlah kursi di DPRD yang diperoleh juga naik terus, dari enam kursi kemudian naik 15 kursi dan sekarang 19 kursi di DPRD. Dua kali Pilkada di bawah kepemimpinan bang Taufik itu Gerindra menang dua kali. Itu yang berat dan kebetulan pasangan yang dilawan adalah petahana,” kata Riza.

Riza menyatakan pergantian kepemimpinan DPD Gerindra tidak hanya terjadi di Jakarta saja. Daerah lain juga mengalami pergantian setelah ada instruksi dari DPP.

“Dari DPP ada pergantian di seluruh Indonesia. Jadi bang Taufik ini adalah Ketua DPD dari seluruh Indonesia yang paling senior, pendiri partai, dan bangun partai gerindra dari enol,” jelasnya.

Ahmad Riza Patria berjanji di tengah kesibukannya sebagai wakil gubernur (wagub) DKI Jakarta, akan meningkatkan prestasi yang diukir oleh pendahulunya, yaitu Mohamad Taufik. Hal itu menyusul penunjukan dirinya sebagai ketua DPD Gerindra DKI..

“Salah satunya, adalah mendongkrak perolehan kursi Gerindra di legislatif, hingga memenangkan Pilkada pada 2024 mendatang,” ucap Riza usai acara silaturahim internal DPD Partai Gerindra DKI di Putri Duyung, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Ahad (18/10).

Bukan berarti, lanjut Riza, perkembangan partai saat ini terpuruk. Justru, sambung dia, kepemimpinan di bawah Mohamad Taufik sebagai ketua DPD Gerindra DKI selama 12 tahun, memberikan perubahan yang sangat signifikan bagi partai. “Bang Taufik yang ditunjuk oleh Pak Prabowo dulu yang mendirikan partai, agar memimpin (DPD) di Jakarta selama 12 tahun. Kemudian, sekarang beliau berhasil,” kata Riza.

Riza mengenang prestasi yang diukir Taufik selama 12 tahun kepemimpinannya sebagai Ketua DPD Gerindra DKI, di antaranya memenangkan Pilkada DKI 2012, setelah berkoalisi dengan PDI Perjuangan. Saat itu, Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok terpilih menjadi gubernur dan wagub DKI. Kemudian, pada 2017 Gerindra  tetap menang setelah berkoalisi dengan Partai Keadilan Sejahterah (PKS).

Waktu itu, Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno terpilih menjadi gubernur dan wagub DKI. Namun di tengah perjalanan, Sandiaga mengundurkan diri menjadi cawapres 2019 mendampingi Prabowo Subianto.

Sementara itu, Taufik meyakini Riza bisa membawa perubahan yang lebih baik dari kepemimpinannya. Terlebih lagi Riza mrmiliki pengalaman di sejumlah organisasi kepemudaan dan politik di tanah air.

“Saya meyakini bahwa pak Riza bukan sebagai Wagub DKI saja, tapi punya pengalaman yang banyak di organisasi. Saya paham betul, karena saya kenal Ariza bukan setahun atau dua tahun, tapi lebih sehingga insyaallah Gerindra ke depan jauh lebih baik,” ucap Taufik.

Komentar