Perkara Kasus Jaksa Pinangki Libatkan Teman Dekat, Ternyata Politisi Partai Nasdem

Jakarta, b-Oneindonesia – Kasus suap Djoko Tjandra kepada Jaksa Pinangki Sirna Malasari menyeret politisi Partai Nasdem, Andi Irfan Jaya. Andi Irfan adalah Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem Sulawesi Selatan (Sulsel).

Anak buah Surya Paloh itu kini diperiksa sebagai saksi untuk Jaksa Pinangki.
Pemanggilan terhadap Andi Irfan itu tertuang dalam surat panggilan Nomor SPT-4120/F.2/Fd.2/08/2020.
Dalam surat tersebut, Andi Irfan menjalani pemeriksaan pada Senin (24/8) .

Pemeriksaan di lantai III Kamar No. 1 Gedung Bundar Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung Jakarta.
Pemeriksaan itu sendiri merupakan penjadwalan ulang dari pemeriksaan yang dijadwalkan pada 10 Agustus lalu.
Demikian disampaikan Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung RI, Hari Setiyono dalam keterangan tertulis, Senin (24/8/2020) dilansir JawaPos.com.

“Sebelumnya, saksi sudah pernah dipanggil untuk memberikan keterangan pada 10 Agustus. Namun karena alasan sedang sakit, maka pemeriksaan yang bersangkutan baru dapat dilakukan, sekarang” ungkap Hari.

Pemeriksaan terhadap Andi Irfan itu terkait upaya hukum Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan Djoko Tjandra secara diam-diam.
Itu dilakukan untuk mencari dan mengumpulkan bukti yang berkaitan dengan perkara suap terhadap penegak hukum tersebut.

“Adanya bukti itu tujuannya membuat terang tentang tindak pidana yang terjadi dan guna menemukan tersangkanya,” paparnya.

Hari juga menyebut bahwa Andi Irfan adalah teman dekat jaksa cantik tersebut.
Kendati demikian, Hari tak menjelaskan secara detil peran dan kapasitas Andi Irfan dalam perkara suap terhadap Jaksa Piangki.

“Yang jelas (Irfan Jaya) teman dekat PSM (Pinangki Sirna Malasari) diperiksa sebagai saksi dalam perkara ini (suap jaksa Pinangki),” imbuh dia.

Untuk diketahui, nama Irfan Jaya tidak asing di kancah politik Sulsel, terutama Makassar.
Sebagai Ketua Bappilu Nasdem Sulsel. Ia juga diketahui kerap berperan sebagai master campaign dalam sejumlah pilkada di wilayah Sulsel.
Irfan juga dikenal dekat dengan Ketua DPW Nasdem Sulsel Rusdi Masse yang menjabat Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Nasdem.

Diketahui, istri Rusdi yakni, Fatmawati Rusdi kini maju sebagai bakal calon wakil walikota Makassar, mendampingi M. Ramdhan Pomanto

Komentar