Survei Januari, Indonesia Development Monitoring (IDM): 3 Besar Parpol Golkar Demokrat PDIP

Jakarta, b-Oneindonesia – Jajak Pendapat Masyarakat Indonesia Terkait Dampak Covid terhadap kehidupan masyarakat dan Sikap dan opini Masyarakat di saat Covid terhadap Pemerintah dan Partai Partai Politik.

Inilah hasil survei yang dilakukan oleh Indonesia Development Monitoring setelah satu tahun pengaruh pandemik Covid 19 terhadap kehidupan sosial masyarakat, ekonomi masyarakat, sikap dan penilaian politik nasional akibat Covid serta penilaian masyarakat terhadap program program penanggulangan Covid dan dampaknya serta pelaksanaanya oleh pemerintahan Joko Widodo – Maruf Amin.

Survei nasional Indonesia Development Monitoring dilakukan pada 10–19 Januari 2021 melalui wawancara per telepon kepada 1650 responden yang dipilih secara acak (random).

Margin of error survei diperkirakan +/-2.44%. dengan Tingkat Kepercayaan 95%
Responden tersebar secara proposional di 34 Provinsi. Responden terpilih adalah Responden yang sudah berumur lebih dari 17 Tahun, secara kriteria demographi responden yang tingal di perkotaan 58,1 persen dan di pedesaan 41,9 persen.

Berdasarkan aktivitas responden sehari hari sebanyak 41,8 persen merupakan pekerja di sektor formal & informal baik di Swasta, BUMN maupun ASN, sebanyak 29,8 persen merupakan ibu rumah tangga, sebanyak 17,2 persen merupakan pelaku usaha atau pemilik usaha dan 11,2 persen merupakan mahasiswa, pencari kerja dan lain lain.

Hasil survei kepada 1650 responden menghasilkan data data penilaian sebagai berikut :

Bahwa sebanyak 88,9 persen Responden Dampak Pandemik Covid sangat- mempengaruhi kehidupan dan aktivitas masyarakat, dan sebanyak 11,1 persen menyatakan tidak begitu berdampak terhadap kegiatan dan aktivitasnya.

Sebanyak 66,8 persen responden menyatakan akibat dampak Covid 19 pendapatan ekonomi keluarga mereka menurun hingga 50 % lebih dibanding sebelum adanya dampak covid, dan sebanyak 29,6 persen mengaku pendapatan mereka menurun hingga 25-40 persen, dan sebanyak 3,6 persen menyatakan pendapatan ekonomi keluarga turun dibawah 25 persen.

Dari hasil survei menunjukan bahwa sejak pandemi, menyebabkanb daya beli masyarakat juga terpantau begitu rendah.

Selain itu juga dikarenakan tidak bisa memiliki banyak kesempatan untuk bergerak, masyarakat juga memiliki keterbatasan dana untuk dibelanjakan.

Rendahnya permintaan ini kemudian menyebabkan munculnya deflasi atau penurunan harga-harga barang di pasaran. Bahkan, banyak produsen yang menawarkan harga diskon hanya demi menghabiskan stok.

Namun dari hasil survei didapati bahwa sebanyak 81,9 persen responden percaya dengan program program pemulihan ekonomi oleh Pemerintah akan bisa mengatasi dampak Covid 19 terhadap kehidupan perekonomian masyarakat sedangkan 11,7 persen meragukan, dan sebanyak 6,4 persen tidak percaya dengan program program pemulihan ekonomi oleh pemerintah.

Sementara sebanyak 74,9 persen masyarakat tetap mendukung dan percaya pemeritahan Jokowi – Maruf Amin hingga akhir jabatan selesai hingga tahun 2024 dan sebanyak 21,3 persen tidak percaya dengan pemerintahan Jokowi – Maruf Amin akan selesai hingga 2024 dan sebanyak 3,8 persen tidak memberikan jawaban apapaun

Terkait Vaksin Covid 19 yang disediakan pemerintah dari hasil survei menunjukkan 19,2 persen responden tidak percaya bahwa vaksin Covid-19 yang akan disediakan pemerintah aman bagi kesehatan penggunanya. Sedangkan Yang percaya bahwa vaksin tersebut aman mencapai 70,6 persen , sementara yang tidak memberikan pernyataan 10,2 persen

Dari survei diketahui juga bahwa 79,9 persen responden di bersedia untuk mengikuti program Vaksinisasi dan sebanyak 11,8 persen masih ragu, sedangkan 8,3 persen tidak mau di vaksin.

Dari hasil survei ini bisa disimpulkan bahwa persentase mereka yang percaya bahwa vaksin aman jauh lebih besar daripada yang tidak percaya dan kepercayaan pada tingkat keamanan vaksin mempengaruhi kesediaan warga untuk divaksin.

Sementara terkait masalah pengelolaan pemerintahan yang bersih di masa Covid , dari hasil survei didapati bahwa 63,8 persen menyatakan pemerintahan Joko Widodo tidak dikelola secara clean Goverment sebanyak 20,8 persen menyatakan pemerintahan sudah dikelola secara clean goverment dan sebanyak 15,4 tidak memberikan pernyataan

Dari survei diketahui juga bahwa sebanyak 69,2 persen penyelewengan dan korupsi uang negara, pungli dilakukan oleh kader dan politisi parpol. Sebanyak 30,8 menyatakan penyelewengan uang negara, pungli dan korupsi dilakukan oleh aparatur sipil negara serta aparat penegak hukum.

Terkait stabilitas politik di era pemerintahan Jokowi- Ma’ruf 60,7 persen responden menyatakan dukungan politik untuk pemerintah dari parpol sangat kuat dan stabil. Dan sebanyak 30,1 persen dukungan politik oleh parpol pada pemerintahan Jokowi – Maruf sangat lemah, dan sebanyak 9,2 persen tidak memberikan pernyataan.

Dengan pertanyaan kepada responden tentang pendapat responden terhadap dukungan parpol terhdap pemerintahan Jokowi-Maruf Dari survei diketahui bahwa tingkat dukungan parpol di parlemen yang paling tinggi dukungan nya kepada pemerintahan jokowi- maruf menurut 1650 responden adalah Partai Golkar dinilai 96,7 persen sangat mendukung program program pemerintahan Jokowi – Maruf Amin. PDI Perjuangan 90,8 persen, PKB 87,7 persen, Nasdem 86,8 persen, PPP 80,7 persen, Gerindra 48,6 persen , Partai Demokrat 30,7 persen, PAN 30,5 persen, PKS 29,7 persen

Tanpa menyebutkan nama nama parpol kepada 1650 responden, ketika ditanya parpol mana yang akan dipilih jika pemilu digelar hari ini ? Maka jawaban atau pilihan 1650

Sebanyak 16,7 persen memilih PDI Perjuangan

Sebanyak 16,1 persen memilih partai GOLKAR

Sebanyak 11,6 persen memilih Partai Demokrat

Sebanyak 8,9 persen memilih PKB

Sebanyak 6,6 memilih PKS

Sebanyak 6,2 persen memilih NASDEM

Sebanyak 5,2 persen GERINDRA

Sebanyak 2,3 persen memilih PSI

Sebanyak 2,1 persen memilih PAN

Sebanyak 2.1 persen memilih PPP

Sebanyak 1.4 persen memilih HANU

Sebanyak 1,1 persen memilih partai Gelora

Sebanyak 1,1 persen memilih PBB

Sebanyak 0,7 persen memilih PKPI

Sebanyak 0,7 persen memilih Perindo

Sebanyak 0,2 persen memilih Partai Garuda

Sebanyak 0.2 persen memilih partai Berkarya

Dan tidak memberikan pilihan sebanyak 16,8 persen

Sementara ketika disebutkan 9 parpol yang memiliki kursi di DPR RI kepada 1650 responden kemudian ditanyakan partai mana yang akan dipilih jika dilakukan pemilu hari ini? Maka dari hasil survei pilihan 1650 responden sebanyak 18,2 persen akan memilih PDI Perjuangan,

Sebanyak 18,1 persen akan memilih partai Golkar

Sebanyak 14,2 persen akan memilih Partai Demokrat

Sebanyak 9.7 persen akan memilih PKB

Sebanyak 7,7 persen akan memilih PKS

Sebanyak 6,4 persen akan memilih Nasdem

Sebanyak 5,9 persen akan memilih GERINDRA

Sebanyak 3.1 persen memilih PAN

Sebanyak 1.9 memilih PPP

Dan sebanyak 5,2 persen akan memilih partai lainnya, serta sebanyak 9,6 persen tidak memilih.

Komentar