Refleksi Akhir Tahun IKA GMNI : Jadikan Pancasila Parameter Keberhasilan Pembangunan

Jakarta,b-oneindonesia- Pancasila semestinya menjadi parameter keberhasilan setiap upaya pembangunan yang dijalankan oleh pemerintah. Bukan hanya menjadi dasar filosofi berbangsa dan bernegara, tetapi juga alat ukur dalam menilai sejauh mana pembangunan itu dijalankan memenuhi nilai-nilai luhur Pancasila itu sendiri.
 
Manakala pembangunan berjalan semakin menjauh dari nilai-nilai Pancasila  maka dengan sendirinya dapat dimaknai bahwa pemerintah gagal dalam menjalankan pembangunan. Sebaliknya, pembangunan yang semakin mendekatkan kehidupan rakyat pada nilai-nilai filosofis Pancasila erupakan parameter keberhasilan pemerintah dalam menjalankan pembangunan.
 
Demikian salah satu butir  pernyataan Refleksi Kritis Akhir Tahun 2019 Presidium Nasional Ikatan Alumni GMNI (IKA-GMNI), yang disampaikan kepada wartawan di Jakarta, Selasa (31/12019).
 
Sekretaris Jenderal IKA GMNI Radjoki FR Sinaga menyampaikan urgensi Pancasila sebagai dasar negara pemersatu bangsa. Namun, IKA-GMNI mensinyalir, dalam kurun satu dasawarsa belakangan ini terlihat gelagat kecenderungan Pancasila hanya dijadikan “bahasa slogan” yang kehilangan makna.
 
“Mengakui Pancasila, tapi tidak meresapi, tidak mengamalkan dan tidak menjalankan nilai-nilai yang terkandung didalamnya,” tegas Radjoki.
 
Untuk itu kata Radjoki,  Presidium Nasional IKA-GMNI mengajak seluruh elemen bangsa,  khususnya pemerintahan Jokowi-Mahruf Amin agar menghindari dan meninggalkan “bahasa sloganistis” tentang Pancasila.
 
“Pancasila harus lebih diresapi, diamalkan dan dijalankan secara substansial. Bukan hanya sebagai pedoman perilaku sosial tetapi juga melekat dalam mainstream kebijakan-kebijakan pemerintahan, baik di pusat maupun pemerintahan daerah,” katanya lagi.
 
Diingatkan, tahun 2020 ini, Republik Indonesia akan memasuki 75 tahun usia kemerdekaannya. Tiga perempat abad kemerdekaan Republik Indonesia menjadi parameter dan tolok ukur keberhasilan negeri ini sebagai Negara Merdeka yang memilih Pancasila sebagai dasar negaranya

Kepada Alumni GMNI dimana pun berada, Presidium Nasional IKA-GMNI Radjoki  menghimbau, agar jangan ragu dan jangan pernah berhenti untuk selalu tampil sebagai “insan pejuang pemikir-pemikir pejuang” dalam mengamalkan dan mengamankan Pancasila dengan menjalankan ajaran Bung Karno dalam membangun Indonesia.

Komentar