HUT Bhayangkara ke-74, Ketua DPR Puan Maharani Berikan Tumpeng Kepada Anggota Polantas

Jakarta, b-Oneindonesia – Ketua DPR RI Puan Maharani memberikan nasi tumpeng kepada anggota polisi lalu lintas. Puan awalnya mengikuti upacara Hari Bhayangkara secara virtual.

Lantas dia menyerahkan dan membagikan tumpeng kepada anggota Polantas bernama Aiptu Jan Roverson Siagian.Bukan tanpa sebab, pemberian tumpeng itu memang diberikan Puan kepada Jan Roverson yang setiap hari berjaga di perempatan Kuningan, Jakarta Selatan, atau dekat dengan rumah dinasnya.

Tak hanya Jan yang mendapatkan tumpeng itu, namun potongan tumpeng juga diberikan kepada Kombes Pol Totok Lisdiyanto, perwira menengah Polri yang ikut hadir mengikuti upacara di rumah dinas Ketua DPR RI.
Dalam kesempatan itu, Puan meminta kepada anggota Polantas yang setiap hari bersentuhan dengan masyarakat dan mewakili wajah Korps Bhayangkara agar menjaga citra Polri.

“Jaga Amanah. Selamat Hari Bhayangkara,” ujar Puan sambil menyerahkan tumpeng kepada Siagian, dalam keterangan tertulis yang diterima b-Oneindonesia, Rabu (1/7/2020).

Puan Maharani berharap Polri makin profesional dalam peringatan Hari Bhayangkara ke-74.

Adapun sikap profesional yang dimaksud Puan yaitu Polri mampu mewujudkan penegakan hukum yang berkeadilan dan tepercaya.

“Kita juga ingin proses hukum yang dilakukan Polri berlangsung cepat dan efektif sehingga tidak membebani masyarakat yang ingin mencari keadilan,” kata dia.

Puan yang mengenakan kebaya saat mengikuti upacara juga meminta agar pelayanan publik yang dilakukan Polri terus dioptimalkan dan tetap memegang teguh prinsip transparansi dan akuntabilitas.

“Pengawasan internal perlu ditingkatkan agar disiplin anggota Polri terus meningkat sehingga tidak ada lagi kasus-kasus yang mencoreng citra Polri,” kata Puan.

Terutama dalam masa pandemi ini, Puan berharap Polri dapat memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, sehingga masyarakat dapat menjalani new normal dengan kondusif.

Selain itu, pemeliharaan keamanan dan ketertiban juga dibutuhkan, kata Puan, untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan sosial dari dampak pandemi Covid-19.

Puan juga meminta Polri bersiap mengemban tugas berat, khususnya menghadapi pilkada serentak 2020 di tengah pandemi pada 9 Desember mendatang.
“Kita semua berharap peran besar Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban agar Pilkada serentak dapat berlangsung aman, tertib, dan demokratis,” katanya.

Berikut 7 amanat Presiden Jokowi kepada seluruh jajaran personel Polri :

1. Terus pegang teguh serta amankan nilai-nilai luhur Tribrata dan Catur Prasetya dalam setiap pelaksanaan tugas dan jaga kehormatan jaga kepercayaan jaga kebanggaan sebagai anggota Polri.

2. Terus melakukan reformasi diri secara total, bangun sistem dan tata kelola yang partisipatif, transparan dan akuntabel serta bangun kultur kerja Polri yang profesional, modern.

3. Terus mantapkan soliditas internal, perkuat sinergitas TNI dan semua elemen pemerintah dan masyarakat untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks.

4. Terus terapkan strategi proaktif serta tindakan persuasif dan humanis dalam menangani masalah sosial yang terjadi di tengah masyarakat.

5. Terus tingkatkan pelayanan publik yang modern dan profesional, lakukan penanganan hukum secara transparan dan berkeadilan sehingga Polri semakin dipercaya masyarakat.

6. Terus jaga kedisiplinan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan agar masyarakat produktif dan aman dari Covid-19.

7. Harus ikut mendukung proses pemulihan ekonomi nasional sesuai tugas dengan penuh tanggung jawab.

Komentar