Tanda Kehormatan Satyalencana Wira Karya Diperoleh Sekjen DPD RI Reydonnyzar Moenek & Deputi Administrasi DPD RI Adam Bachtiar

Jakarta, b-Oneindonesia – Bertepatan dengan Peringatan Hari Ulang Tahun Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) ke-16, Sekretariat Jenderal (Setjen) DPD RI menggelar upacara penyerahan Satyalencana Wira Karya, Satyalencana Karya Satya, dan Kenaikan Pangkat bagi pejabat dan pegawai di Lingkungan Sekretariat Jenderal DPD RI. Tercatat sebanyak 82 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan DPD RI yang menerima penghargaan atas masa baktinya selama 10, 20, dan 30 tahun. Penyerahan ini dipimpin oleh Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti di Ruang Delegasi Pimpinan DPD RI, Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen Senayan, Kamis (1/10/2020).

Penghargaan Satyalencana Wira Karya diberikan kepada dua orang yakni Sekretaris Jenderal DPD RI, Dr. Drs. Reydonnyzar Moenek, M.Devt.M. dan Deputi Bidang Administrasi DPD RI, Adam Bachtiar, S.H., M.H. Dalam petikan putusan Presiden RI, Reydonnyzar Moenek dinilai telah berjasa berperan aktif dalam pemerintahan daerah melalui kebijakan anggaran dengan mengubah struktur anggaran, memberdayakan filosofi masyarakat Minangkabau (tigo tali sapilin dan tigo tungku sajarangan) dalam pengambilan keputusan pemerintahan daerah serta mempercepat penyelesaian Masjid Raya Sumbar, sehingga kualitas pelayanan publik meningkat dan tercipta harmonisasi penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Sedangkan Adam Bachtiar dinilai berjasa berperan aktif dalam membangun administrasi kesekretariatan, melalui pembangunan Peta Proses Bisnis Sekretariat Jenderal DPD RI yang merupakan dasar penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) baik makro dan mikro yang efektif dan terintegrasi beserta standar pelayanan dan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), sehingga tercapai reformasi birokrasi dan kualitas pelayanan yang optimal.

Sementara itu, penghargaan Satyalencana Karya Satya diberikan kepada 80 (delapan puluh) orang yang terdiri atas 10 orang dengan masa kerja 30 tahun. Perwakilan penerima penghargaan adalah Deputi Bidang Persidangan, Ir. Sefti Ramsiaty, M.M. dan Kepala Biro Umum, Dr. Rahman Hadi, M.Si. 6 (enam) orang dengan masa kerja 20 tahun yang diwakili oleh Kukuh Zaldhy, S.H., M.Si. dan Syahril Rozali, S.A.P serta 64 (enam puluh empat) orang dengan masa kerja 10 tahun diwakili oleh Budi Fitra Helmi S.S., Bani Arofah, S.H., M.H. dan Ade Tantrie Puspita, S.Sos. Sebanyak 1 (satu) orang pegawai juga mendapatkan kenaikan pangkat dari Penata Tk.I, III/d menjadi Pembina, IV/a, Eko Prasetyo.

Ketua DPD RI, LaNyalla Matalitti dalam sambutannya mengatakan melalui penyerahan Satyalencana dan Kenaikan Pangkat ini diharapkan akan dapat memberikan semangat baru bagi PNS di lingkungan Sekretariat Jenderal DPD RI untuk lebih meningkatkan kinerja dan profesionalisme, serta mengembangkan kompetensi yang dimiliki dengan tetap menjunjung tinggi integritas.

“Saudara-saudara dapat mengemban tugas sebagai kepercayaan dan amanah yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan semakin termotivasi untuk dapat bersinergi dalam rangka mendukung peran Sekretariat Jenderal sebagai supporting system dalam pemberian dukungan administrasi dan keahlian bagi pelaksanaan wewenang, tugas, dan fungsi DPD RI,” ujarnya.*

Komentar