Respon Ketua DPR RI Puan Maharani Hadapi Perkembangan Penyebaran Virus Corona

Jakarta, b-Oneindonesia – Mencermati perkembangan penyebaran virus korona, dimana sudah ada 2 orang warga Depok, Jawa Barat yang positif terinfeksi, maka selaku Ketua DPR RI, Puan Maharani menyatakan dan mengimbau :

1.Keselamatan dan kesehatan warga negara adalah yang utama sehingga pencegahan dan penanggulangan penyebaran virus korona harus menjadi prioritas sebelum kita berbicara tentang dampak ekonomi dan lain-lain terkait wabah Covid-19 ini.

2.Agar Pemerintah RI segera melakukan penanganan wabah virus korona secara terpusat, terkoordinasi, terpadu, dan terintegrasi.

Penyelenggaraan penanggulangan wabah dapat diserahkan kepada BNPB atau Kelembagaan lain yg efektif sesuai aturan perundang-undangan. Adanya Tim penanggulangan wabah secara nasional ini penting untuk menjamin kehadiran negara dalam penanggulangan penyebaran virus korona sehingga meyakinkan seluruh masyarakat bahwa Indonesia selalu waspada, siaga, dan serius dalam menangani virus korona. Tim ini bekerja 24 jam nonstop, 7 hari dalam sepekan.

3.Tim penanggulangan virus korona mengkoordinasikan langkah-langkah pencegahan dan penanggulangan secara nasional untuk memastikan protokol pencegahan dan penanggulangan berjalan sesuai standard operation and prosedur (SOP) penanganan epidemi Covid-19.

4.Pemerintah segera mengambil tindakan proaktif dalam rangka pencegahan dan penindakan dengan mendatangi warga, komunitas atau kelompok-kelompok yang rentan terpapar virus korona dengan melakukan tes medis.

5.Pemerintah agar mengambil langkah-langkah transparan dengan terus memperbaharui informasi tentang kasus, tindakan penanganan serta sosialisasi tentang pencegahan menggunakan seluruh platform media agar masyarakat tidak termakan kabar hoax tentang kasus korona. Pemerintah juga harus melindungi identitas pasien virus korona.

6.Pemerintah segera meningkatkan disiplin penjagaan pintu-pintu masuk dari dan ke luar negeri baik di darat, laut , dan udara dan sewaktu-waktu bisa menutupnya bila diperlukan demi kepentingan pencegahan wabah.

7.Pemerintah melakukan sosialisasi, komunikasi dan edukasi yang efektif kepada rakyat terkait kesiapannya menghadapi dampak virus korona termasuk kesiapan stok pangan dan bahan pokok lain sehingga tidak menimbulkan kepanikan di masyarakat.

8.DPR selalu mendukung langkah-langkah pemerintah dalam pencegahan dan penanggulangan wabah virus korona. Pekan lalu dalam pidato Rapat Paripurna ke 11 DPR RI penutupan masa persidangan 2 tahun 2019 – 2020, (Kamis, 27/2), sudah menegaskan bahwa DPR-RI mendorong pemerintah agar meningkatkan upaya deteksi dini, pencegahan, dan respons secara holistik. Baik dari regulasi, kesiapan fasilitas pelayanan kesehatan dan sarana prasarana, serta tenaga medis dan kesehatan. DPR juga meminta Kementerian Kesehatan juga harus terus melakukan sosialisasi secara masif dan intensif dengan melakukan upaya Komunikasi, Informasi, dan Edukasi mengenai Virus Corona sehingga masyarakat selalu mendapatkan informasi yang benar, jelas, dan tepat.

Komentar