oleh

Paripurna DPR RI Mengesahkan Perdagangan Bebas IA-CEPA Dihadiri 334 Anggota

-Senayan-535 views

Jakarta,b-Oneindonesia-DPR menggelar rapat paripurna pengesahan Indonesia- Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) Kamis(06/02/20).

IA-CEPA adalah kesepakatan kerja sama antara Indonesia dan Australia untuk memperkuat ekonomi kedua negara.

Rapat paripurna digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, dipimpin Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Turut hadir Ketua DPR Puan Maharani dan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin.

Imin menyampaikan rapat paripurna dihadiri 334 dari 575 anggota dewan. Rapat dinyatakan digelar terbuka.

“Berdasarkan catatan Kesetjenan DPR RI telah ditandatangi 334 anggota yang mana memenuhi, maka ketentuan forum dalam mengambil keputusan telah mencapai kuorum,” kata Imin.

Presiden Joko Widodo akan bertolak ke Australia pada 8-10 Februari mendatang terkait pembahasan IA-CEPA yang telah memasuki tahap akhir proses ratifikasi.

“Dan akan ada peluncuran plan of action sebagai acuan pelaksanaan IA-CEPA,” kata Pelaksana Tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah.

Perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif yang telah ditandatangani pada 4 Maret 2019 itu diyakini dapat memberikan manfaat bagi Indonesia untuk meningkatkan daya saing sumber daya manusia, industri, dan sektor jasa.
Selain itu, perjanjian itu juga diharapkan meningkatkan akses pasar barang dan jasa dari Indonesia ke Australia.

Share this:

Komentar

News Feed