DPD RI Kalbar Sukiryanto Serahkan Proposal Pemekaran Provinsi Kapuas Raya Pada Ketua DPD RI

Jakarta, b-Oneindonesia – Anggota DPD RI Kalimantan Barat (Kalbar) Sukiryanto menyerahkan proposal rencana pemekaran Provinsi Kapuas Raya kepada Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Selain itu, sejumlah rencana pembangunan proyek strategis nasional di provinsi itu juga dibahas.

“Saya telah menyerahkan proposal rencana pemekaran Provinsi Kapuas Raya kepada Ketua DPD RI,” kata Sukiryanto pada Rabu (10/2).

Sukiryanto menjelaskan sudah mendengar dan mengetahui terkait rencana pembentukan Provinsi Kapuas Raya tersebut, sehingga dia dalam beberapa kesempatan menghimpun berbagai masukan dan menggali informasi lebih jauh di lapangan. Dan rencana kedepan juga akan membuat focus group discussion dan akan mengundang pihak kementerian dalam negeri dan bappenas.

“Selain menyerahkan proposal, hari ini saya membahas perkembangan potensi ekonomi yang harus dikembangkan di Kalbar, termasuk rencana pembangunan beberapa proyek strategis nasional, seperti Jembatan Kapuas II gandeng, pembangunan tol penghubung antardaerah, dan lain sebagainya,” tuturnya.

Hasil diskusi tersebut, katanya, akan menjadi bahan masukannya untuk selanjutnya disampaikan kepada Presiden Joko Widodo. “Saya pikir, banyak yang harus dikembangkan di Kalbar sesuai dengan kebutuhan masyarakat di daerah,” katanya.

Masyarakat Kalbar, khususnya kabupaten yang tergabung dalam rencana pembentukan Kapuas Raya, sangat berkeinginan agar provinsi baru tersebut bisa segera dibentuk sehingga permasalahan tahunan seperti infrastruktur akan dapat diatasi karena pemerataan pembangunan akan terwujud dengan pemekaran ini.

“Saya rasa ini menjadi skala prioritas kita dan Pemprov Kalbar juga sangat serius untuk mendorong hal ini karena ini sudah lama diinginkan masyarakat” pungkasnya
Dia berharap pemerintah pusat melalui Presiden RI bisa segera merealisasikan pembentukan provinsi baru tersebut untuk mempercepat pembangunan dan mendekatkan layanan pemerintah kepada masyarakat.

Dengan singkat dan tegas dalam pertemuan yang dihadiri pimpinan DPD RI beserta pimpinan alat kelengkapan dan anggota DPD, AA LaNyalla menyatakan bahwa DPD RI akan all out memperjuangkan pemekaran kapuas raya ini. Hal ini juga diamini oleh Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi.

Komentar