Peringatan Bulan Bung Karno, Puan Maharani Ingatkan Pemimpin Bangsa untuk Amalkan Pancasila

Jakarta, b-Oneindonesia – Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan agar para pemimpin bangsa, baik yang menjabat saat ini ataupun nanti, harus tetap memegang teguh nilai-nilai Pancasila. Nilai-nilai tersebut terdiri dari Ketuhanan, Kebangsaan, Kemanusiaan, Demokrasi, dan Keadilan Sosial.

Hal itu disebutkan Puan pada Peringatan Bulan Bung Karno 2020 dan tujuh tahun wafatnya Taufiq Kiemas dalam ceramah, pembacaan surat yasin, dan tahlilan berjamaah secara virtual di Jakarta, Senin (8/6).

“Baik Bung Karno maupun Bapak Taufiq Kiemas, telah mewariskan nilai-nilai yang sangat penting bagi bangsa ini. Nilai-nilai itulah yakni Ketuhanan, Kebangsaan, Kemanusiaan, Demokrasi dan Keadilan Sosial yang harus dipegang teguh oleh pemimpin bangsa ini siapapun itu,” ujar Puan.

Menurut Puan, Bung Karno dan Taufiq Kiemas sama-sama menunjukkan bahwa persatuan bangsa yang beragam merupakan hal yang harus jadi prioritas, lebih penting dari segala hal lain. Kedua tokoh itu pun diterima oleh seluruh komponen bangsa, hingga persatuan nasional terwujud.

“Demikian juga dengan gotong royong yang merupakan intisari dari Pancasila, hanya bisa diwujudkan melalui persatuan seluruh anak bangsa. Dan Bung Karno maupun Bapak Taufiq telah menunjukkan perjuangan luar biasa dalam mempersatukan bangsa,” ujarnya.

Dalam peringatan tersebut, sejumlah tokoh lain turut mengisi acara. Di antaranya, Ketua Umum PP Muhammadiyah K.H. Haedar Nashir, Ketua PBNU KH Marsudi Syuhud, Ketua MPR-RI Bambang Soesatyo, serta Ketua Umum PP Bamusi Hamka Haq.

Komentar