Ketua DPR RI Puan Maharani Terima Gelar Dr.(HC) dari Universitas Diponogoro

Jakarta,b-Oneindonesia- Penganugerahan gelar Doktor HC kepada Puan Maharani akan diberikan melalui sidang terbuka di Gedung Prof Dr Soedarto SH, di Tembalang, Jumat (14/2/2019) dalam bidang Kebudayaan dan Kebijakan Pembangunan Manusia.

Akan hadir pada sidang tersebut Presiden ke 5 RI yang juga Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, dan keluarga dari Puan Maharani. Para pemimpin partai politik, sejumlah menteri dan anggota DPR RI dan DPRD Jateng juga dipastikan hadir dalam sidang terbuka itu.

Penganugerahan gelar doktor kehormatan, merupakan bentuk pengakuan dan penghargaan yang diberikan Undip kepada seorang putra/putri bangsa yang memiliki kontribusi yang luar biasa terhadap bangsa dan negara.

Ketua Senat Akademik Prof Dr Sunarso menyatakan bahwa Senat Akademik Undip secara bulat menyetujui penganugerahan tersebut.

Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama SH, MHum, mengatakan bahwa Puan Maharani secara nyata telah berkontribusi terhadap hubungan baik antarbangsa dan negara lain dalam bidang sosial budaya, kebijakan pembangunan kemanusiaan dan kesejahteraan umat manusia.

Persetujuan bulat Senat Akademik Undip tentu karena melihat kontribusi beliau yang sangat signifikan kepada ilmu pengetahuan, seni dan budaya, juga hubungan antarbangsa dalam kebudayaan dan kemanusiaan, baik secara pribadi, maupun beliau sebagai Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, dan juga Ketua DPR,” ujar Prof Yos.

Dr. HC Puan Maharani pernah menjabat sebagai Kemenko PMK di Kabinet Kerja, yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPR RI. Puan adalah putri dari Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, dan diketahui sangat aktif mempromosikan kebudayaan Indonesia dalam perhubungan antarnegara untuk kemanusiaan. Puan juga banyak menerima penghargaan, diantaranya meraih penghargaan Bintang Bhayangkara Utama, anugerah penghargaan ‘Eminent Women of the Year 2019’ dari Majalah Her Times, dan menjadi tokoh pertama di luar Arab Saudi yang menjadi tamu kehormatan dalam Festival Kebudayaan Janadriyah.

Puan bahkan mendapat kesempatan berpidato pada pembukaan festival ke-33 yang di gelar di Riyadh, Arab Saudi, di depan Raja Salman Bin Abdul Aziz Al Saud dan Putra Mahkota Pangeran Muhamammad Bin Salman.

Dalam prosesi penganugerahan gelar doktor HC Undip, Puan Maharani akan menyampaikan pidato ”Kebudayaan sebagai Landasan Utama Pembangunan Manusia Indonesia Berpancasila menuju Era Masyarakat 5.0”. Puan akan memaparkan pemikirannya untuk menjadikan kebudayaan Indonesia sebagai landasan utama kebijakan publik untuk pembangunan manusia berpancasila menuju masyarakat 5.0.

Puan akan menjelaskan tantangan sekaligus upaya dan solusi, juga bagaimana negara harus diberdayakan untuk menerapkan kebijakan publik berlandaskan kebudayaan untuk bidang kesehatan, pendidikan, seni, etika, ekonomi dan sosial.

Komentar