DPR RI Apresiasi Partisipasi Pemilih Tinggi Ikuti Pilkada Serentak 2020

Jakarta, b-Oneindonesia – Ketua DPR RI Puan Maharani mengapresiasi tingkat partisipasi pemilih yang tinggi dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2020, berdasarkan catatan pemerintah dan penyelenggara pemilu, mencapai 75,83 persen.

“Angka partisipasi Pilkada 2020 ini lebih tinggi daripada pelaksanaan pilkada-pilkada di era normal, menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap proses demokrasi,” kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Puan menilai kepercayaan masyarakat itu harus disambut para calon yang terpilih untuk merumuskan dan menjalankan kebijakan-kebijakan yang baik.

Kebijakan tersebut, menurut dia, khususnya terkait penanganan pandemi COVID-19 dan dampaknya, serta meningkatkan kesejahteraan warga sesuai harapan masyarakat yang membuat mereka tetap antusias datang ke TPS dan memilih meskipun pada era pandemi.

Dia mengatakan saat pandemi COVID-19, setiap daerah memerlukan sosok pemimpin yang bisa mengambil keputusan-keputusan penting dan mempercepat kerja-kerja pemerintah daerah untuk membantu warganya.

“Program-program nyata dari para calon yang terpilih sangat diharapkan warga, terutama dalam penanganan pandemi COVID-19 dan dampaknya,” ujarnya.

Puan juga meminta pemerintah dan penyelenggara pemilu untuk segera melakukan evaluasi terutama terkait protokol kesehatan selama pelaksanaan Pilkada 2020.

Politikus PDI Perjuangan itu mencontohkan dengan melakukan “testing”, “tracing”, dan “treatment” apabila ada pemilih maupun penyelenggara terinfeksi COVID-19 selama pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 untuk mencegah adanya klaster pilkada.

Komentar