oleh

Dr.Ahmad Basarah Terima Penghargaan “Inspiring Journey Award” Teropong Senayan 2020

-Senayan-604 views

Jakarta, b-Oneindonesia – Wakil Ketua MPR RI Dr. Ahmad Basarah menerima Teropong Parliament Award 2020 untuk kategori ‘Inspiring Journey’ dari kantor berita siber Teropong Senayan. Award diserahkan kepada doktor bidang hukum lulusan Universitas Diponegoro, Semarang, ini pada Senin (16/3/20) malam di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta.

Menurut Hendri Satrio, salah satu anggota dewan juri, kategori ‘Inspiring Journey’ hanya bisa diraih oleh wakil rakyat yang di tahun 2020 dinilai paling berhasil memenuhi tiga indikator penilaian, yakni paling ideal dalam menapaki karir politik secara struktural dan prosedural, paling mampu menjalankan tugas politik sesuai jabatan yang diemban, dan terakhir paling mampu menjaga amanah dan kepercayaan dari partai politik.

‘’Kami punya 10 kategori penilaian dan Mas Basarah mengungguli kandidat lain dalam kategori inspiring journey itu,’’ jelas Windarto, redaktur Teropong Senayan, usai menyaksikan Basarah menerima Award.

Di gedung wakil rakyat, Ahmad Basarah kini memegang empat jabatan sekaligus hingga terpilih sebagai peraih “Inspiring Journey Award”, masing-masing sebagai wakil Ketua MPR RI, Ketua Fraksi PDI Perjuangan, anggota Komisi X dan Anggota Bsdan Legislasi DPR RI

Menurut Windarto, Basarah juga dikenal sangat loyal kepada partai berlogo moncong putih tempatnya mengembangkan karir politik. Basarah sudah tiga periode dipercaya sebagai pengurus DPP PDIP. Kini ia menjabat ketua DPP PDIP Bidang Luar Negeri. Sementara di luar struktur kepartaian, pria kelahiran Jakarta, 16 Juni 1968, itu kini menjabat Ketua Umum DPP Persatuan Alumni GMNI periode 2015 – 2020 dan Sekretaris Dewan Penasihat Baitul Muslimin Indonesia dan Ketua Wantimpus GM FKPPI.

Menurut Windarto, baru di tahun ini Teropong Senayan memberikan award dengan kategori ‘Inspiring Journey’ kepada para wakil rakyat. Dalam kategori ini, selain Basarah juga ada Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, anggota DPD RI 2019—2024 Dapil DKI Jakarta yang mendapat anugerah award yang bergengsi itu. Proses penjurian dilakukan secara serius dan sangat hati-hati oleh tim juri yang antara lain beranggotakan Hendri Satrio, analis komunikasi politik Universitas Paramadina, dan Margarito Kamis, pakar Hukum Tata Negara Indonesia lulusan Universitas Indonesia dan mantan aktifis Malari Hariman Siregar.

Tahun lalu, tim juri menggunakan penelitian kualitatif dengan metode observasi dan wawancara dengan menjadikan eksplorasi sebagai fokus penelitian. Metode ini digunakan untuk memperoleh pemahaman tentang alasan, opini, dan motivasi yang mendasari dipilihnya seorang kandidat mendapatkan award. Dengan metode inilah, tahun lalu, Teropong Senayan memberikan award kepada sejumlah anggota dewan, antara lain Ketua DPR RI Puan Maharani sebagai penerima Award ” Inspiring Woman 2020″ dan Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, S.E., MBA, yang meraih award dengan kategori ‘Parliament of The Year’.  

Windarto menambahkan, jika di tahun lalu hanya ada delapan kategori yang diperebutkan, di tahun ini ada 10 kategori award yang diseleksi. Masing-masing adalah kategori Star of Parliament, Kategori Smart and Inspiring Milenial, Kategori Making News Person, Kategori Inspiring Woman, Kategori Parliament of The Year, Kategori Tokoh Peduli Daerah, Kategori Tokoh Reformasi Parlemen, Kategori Fraksi Teraspiratif, Kategori Fraksi Inspiratif, dan terakhir kategori ‘Inspiring Journey’ yang kini diraih Ahmad Basarah.

Share this:

Komentar

News Feed