Hormati Putusan Presiden, PDIP Setuju Pembahasan RUU HIP Ditunda

Jakarta, b-Oneindonesia – Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah menyatakan pihaknya menghormati keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang disampaikan melalui Menko Polhukam Mahfud MD, yang meminta agar pembahasan RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) ditunda dulu.
“Kami menghormati keputusan itu. Bagi kami, sikap itu tentu sudah berdasarkan aspirasi, pendapat, saran, kritikan yang muncul di tengah masyarakat kita,” ujar Basarah, Selasa (16/6/2020).

Adanya penundaan, menurut Basarah, maka Pemerintah dan DPR jadi memiliki waktu yang lebih banyak untuk menjelaskan maksud dan substansi pembuatan RUU tersebut kepada masyarakat dan bisa dilakukan secara terbuka serta proporsional kepada masyarakat luas, agar terjadi kesepahaman yang sama tentang urgensi RUU ini.

Lebih lanjut, Basarah mengatakan, alasan sosiologis pihaknya mendukung RUU Pembinaan Ideologi Pancasila adalah dalam rangka membentengi Pancasila dalam menghadapi gempuran ideologi transnasional yang masif. “Sehingga kami nilai diperlukan payung hukum strategis agar terjadi internalisasi dan pembudayaan Pancasila di dalam hati sanubari masyarakat Indonesia,” kata Basarah.

Sebelumnya, Menkopolhukam Mahfud MD menyatakan Pemerintah menunda pembahasan RUU HIP dengan DPR. Alasannya, Pemerintah ingin lebih berkonsentrasi mengatasi pandemi Covid-19.

Komentar