Puan Maharani Perempuan Indonesia Paling Inspiratif versi Teropong Senayan

Jakarta, b-Oneindonesia – Ketua DPR RI Puan Maharani terpilih menjadi perempuan paling memberi inspirasi tahun 2020 versi portal berita Teropong Senayan. Parliament Award 2020 untuk kategori ‘Inspiring Woman’ yang diserahkan kepada Puan Senin (16/3/20) malam di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta. Award diterima oleh Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah, karena Puan berhalangan hadir di acara meriah yang dihadiri oleh banyak anggota dewan, wartawan, dan tokoh-tokoh nasional lainnya.

Dalam sambutannya di hadapan sejumlah anggota dewan yang hadir di malam penganugerahan itu, Hendri Satrio, salah satu anggota dewan juri, mengatakan bahwa keringat dingin sampai keluar saat ia hendak memutuskan orang terbaik di DPR RI untuk menerima award Teropong Senayan 2020. Khusus untuk predikat ‘’Inspiring Woman’’, kata analis komunikasi politik Universitas Paramadina ini, tak bisa sembarang anggota dewan meraihnya karena sang juara harus memenuhi tiga indikator penilaian sekaligus, yakni *mewarnai panggung politik nasional, mencerminkan semangat kesetaraan gender, dan qmemiliki pencapaian fantastis dalam karir politik.*

Ketiga kategori penilaian itu dinilai layak disandang Puan karena perempuan bernama lengkap Puan Maharani Nakshatra Kusyala itu bukan saja sudah menjabat DPP PDI Perjuangan selama tiga periode dan pernah menjabat Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia pada Kabinet Kerja 2014–2019, tapi juga menjadi Ketua DPR perempuan pertama sepanjang sejarah Republik Indonesia. Di samping itu cucu Bung Karno yang lahir di Jakarta, 6 September 1973, itu dikenal sebagai politikus ulung yang pernah menjabat Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI untuk periode 2012 – 2014. Di DPR RI, Puan pernah bertugas di Komisi VI yang mengawasi BUMN, perdagangan, koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), serta anggota badan kelengkapan dewan Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP).

Menurut Windarto, redaktur senior Teropong Senayan, para anggota dewan juri merasakan betapa sulit memilih perempuan terbaik untuk dianugerahi award tahun 2020 ini. ‘’Dewan juri dipagari oleh 10 kategori penilaian, mereka tak bisa main-main dalam memilih, lalu Mbak Puan adalah satu-satunya anggota dewan yang mereka pilih unutk menerima award ini,’’ jelas mantan anggota redaksi majalah ‘’Trust’’ ini di sela-sela acara penganugerahan, semalam.

Tak bisa menghadiri acara bergengsi ini, Puan meminta Ahmad Basarah mewakilinya mengambil tropi dan sertifikat. “Saya merasa terhormat untuk mewakili Ibu Puan Maharani menerima award bergengsi ini. Beliau adalah inspirator dan motivator kaum perempuan Indonesia yang kita banggakan,” jelas Basarah, dalam sambutannya mewakili Puan.

Juri yang menentukan penerima award tahun ini, mereka antara lain, Hendri Satrio, analis komunikasi politik Universitas Paramadina, Margarito Kamis, pakar Hukum Tata Negara Indonesia lulusan Universitas Indonesia, dan mantan aktivis Malari Hariman Siregar. Tim juri menggunakan penelitian kualitatif dengan metode observasi dan wawancara dengan menjadikan eksplorasi sebagai fokus penelitian. Metode ini digunakan untuk memperoleh pemahaman tentang alasan, opini, dan motivasi yang mendasari dipilihnya seorang kandidat mendapatkan award.

Jika untuk kategori ‘’Inspiring Woman’’ hanya Puan yang berhak menerima award ini, untuk kategori ‘’Inspiring Journey’’ ada enam anggota dewan yang berhak menerimanya, antara lain Ahmad Basarah dan Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, anggota DPD RI 2019—2024 Dapil DKI Jakarta. Selebihnya, sejumlah anggota dewan diundang untuk menerima award dengan 10 kategori, masing-masing kategori Star of Parliament, kategori Smart and Inspiring Milenial, kategori Making News Person, kategori Inspiring Woman, kategori Parliament of The Year, kategori Tokoh Peduli Daerah, kategori Tokoh Reformasi Parlemen, kategori Fraksi Teraspiratif, kategori Fraksi Inspiratif, dan terakhir kategori ‘Inspiring Journey’. Ketua MPR RI H. Bambang Soesatyo, S.E., MBA semalam terpilih sebagai penerima award kategori “Parliament of The Year”

Teropong Senayan kini dipimpin oleh Rihad Wiranto sebagai Pemimpin Umum dan Aries Kelana sebagai Pemimpin Redaksi/Penanggungjawab. Redaksi berita siber ini berkantor di Komplek Perkantoran Golden Centrum lantai 2, Jl. Majapahit No 26 Q, Gambir, Jakarta Pusat, meski kerja mereka terfokus dalam memberitakan kinerja para wakil rakyat. ‘’Teropong Senayan yang beralamat di www.teropongsenayan.com adalah portal berita siber yang lahir dari satu keprihatinan tentang kondisi DPR yang selama ini mendapat porsi pemberitaan yang cenderung negatif, dan masih sering dibilang dengan anekdot 5D (datang, duduk, dengar, diam, duit). Padahal sejatinya masih banyak anggota DPR yang berkualitas,’’

Komentar