Puan Maharani Serukan Empat Pilar Kebangsaan Jangan Cuma Sosialisasi

Jakarta,b-Oneindonesia – Empat Pilar Kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 45, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika, harus dipraktikan dalam kehidupan se hari-hari seluruh anak bangsa di negeri ini.“Jangan cuma disosialisasikan, tapi benar-benar menjadi praktik perilaku se hari-hari dalam kehidupan bermasyarakat,” ujar Ketua DPR RI, Dr (HC) Puan Maharani,  di sela-sela acara Riding Kebangsaan Empat Pilar MPR RI, di Kompleks Parlemen, Ahad (23/2)

Karena itu, lanjut penoreh sejarah perempuan pertama sebagai Ketua DPR RI tersebut, semua pihak agar mengimplementasikan nilai-nila yang terkandung dalam 4 Pilar Kebangsaan dalam praktik kehidupan se hari-hari.Riding Kebangsaan 4 Pilar MPR RI merupakan rangkaian acara sosialisasi nilai-nilai 4 Pilar Kebangsaan yang diperakarsai Bambang Soesatyo.

Hadir dalam acara ini, sejumlah pimpinan MPR, Wapres ke-6 Try Sutrisno, Jaksa Agung, dan ratusan Bikers dari berbagai klub motor.Wapres KH Ma’ruf Amin membuka acara, yang juga diisi dengan lomba cerdas cermat 4 Pilar MPR RI.

Menurut penerima gelar Doktor (HC) dari Universitas Diponegoro Semarang, Jateng, praktik nilai-nilai 4 Pilar Kebangsaan bisa dimulai dari hal-hal sederhana.“Misalnya, menolong tetangga, bergotong royong, serta menghormati perbedaan suku dan agama,” jelas cucu pendiri bangsa yang juga Presiden RI pertama, Ir Soekarno itu.

Oleh sebab itu, pemilik nama:  Puan Maharani Nakshatra Kusyala, yang juga putri Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri, meminta sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan dilakukan secara kreatif, menyasar semua kelompok masyarakat.“Manfaatkan platform media sosial dan interaktif, agar anak-anak muda memahami 4 Pilar Kebangsaan,” ujar Puan.

Puan yang hadir mengenakan kaos seragam Ikatan Motor Besar Indonesia, secara khusus berterima kasih kepada Bambang Soesatyo sebagai penyelenggaran acara.
“Terima kasih kepada Pak Bambang Soesatyo yang selalu menjaga Empat Pilar Kebangsaan, sesuai pesan dari almarhum Pak Taufik Kiemas,” ujar Puan saat berjabat tangan dengan ketua MPR RI tersebut.

Sejarah tercetusnya 4 Pilar Kebangsaan diprakarsai Taufiq Kiemas. Ketua MPR yang terpilih secara aklamasi pada 2009.
Setelah terpilih, Taufiq secara marathon melakukan berbagai rapat dengan Ketua Fraksi MPR untuk membuat sebuah program sosialisasi UUD 1945 dan juga Pancasila.

Dari sinilah gagasan 4 Pilar Kebangsaan berawal. Gagasan ini dibuat untuk menunjukkan betapa pentingnya menjaga kesatuan dan persatuan, serta mengamalkan Pancasila.“Kita tidak ingin NKRI terpecah seperti Yugoslavia dan Soviet,” pesan almarhum Taufiq Kiemas, yang juga ayahanda Puan Maharani.

Komentar