Taufik Basari Gantikan John G Plate Jadi Ketua Fraksi Nasdem MPR RI

Jakarta, oneindonesia-Partai NasDem menunjuk Taufik Basari menjadi Ketua Fraksi NasDem untuk MPR RI. Taufik Basari menggantikan Johnny G Plate, yang mundur sebagai anggota DPR/MPR karena dipilih Presiden Jokowi menjadi Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo).

“Berdasarkan surat keputusan DPP Partai NasDem tanggal 24 Oktober 2019, DPP Partai NasDem memutuskan perubahan nama pimpinan fraksi MPR dari Partai NasDem dengan komposisi Taufik Basari sebagai ketua fraksi,” kata Sekretaris Fraksi NasDem MPR RI Syarif Abdullah dalam keterangan tertulis, Jumat (25/10/2019).

Selain itu, Syarief Al Kadri sebagai sekretaris fraksi dan Ahmad Fadholi sebagai bendahara fraksi. Sementara itu, untuk Ketua Fraksi NasDem DPR RI tidak mengalami perubahan, tetap dijabat oleh Ahmad Ali.

Syarif menyatakan Fraksi NasDem di MPR akan mengawal tugas-tugas MPR untuk melakukan sosialisasi empat pilar serta pengkajian terhadap Konstitusi dan ketatanegaraan.

“Fraksi NasDem juga akan mengawal rencana amandemen konstitusi apabila disepakati dilakukan pada periode ini dengan melibatkan partisipasi seluas-luasnya dari publik,” tambahnya.

Taufik Basari merupakan anggota DPR/MPR dari Daerah Pemilihan Lampung I. Dia juga menjabat Ketua DPP Partai NasDem Bidang Hukum, Advokasi, dan Hak Asasi Manusia.

Taufik juga merupakan mantan Direktur Bantuan Hukum Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI). Sarjana hukum dan sarjana filsafat lulusan Universitas Indonesia ini meraih gelar master hukum HAM internasional dari Northwestern University, Chicago, Amerika Serikat.

Komentar