Pertemuan Puan Dengan Wakil Ketua DPR Korsel, Dorong Penguatan Kerjasama Penanganan Covid-19

Jakarta, b-Oneindonesia – Ketua DPR RI Puan Maharani menerima kedatangan Deputy Speaker National Assembly (Wakil Ketua DPR) Korea Selatan, Kim Sang-Hee, di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (25/11/2020).

Dalam pertemuan itu, Puan menyampaikan harapannya tentang peningkatan kerja sama kedua negara termasuk kerjasama antar parlemen. Penguatan kerja sama bukan hanya dalam penanganan Covid-19, tetapi juga di bidang ekonomi, dan perlindungan pada pekerja migran Indonesia di Korea Selatan.

“Saya berharap kunjungan ini dapat lebih mempererat hubungan kedua negara, sehingga lebih bermanfaat kongkrit bagi rakyat kedua negara,” kata Puan.

Selain itu, kata Puan, Parlemen Indonesia dan Republik Korea dapat bekerjasama lebih erat dalam mendorong pemberdayaan perempuan dalam pengambilan keputusan.

Politisi PDI Perjuangan itu melanjutkan, DPR RI telah membentuk grup persahabatan bilateral dengan 102 parlemen dari berbagai negara, termasuk Korea Selatan.

“Saya berharap kerja sama erat parlemen kedua negara dapat membantu pencapaian berbagai tujuan pembangunan melalui pertukaran informasi, terkait peran dan fungsi Parlemen di kedua negara,” ujar Puan.

Kepada perempuan pertama yang menjadi Wakil Ketua DPR Korea Selatan itu, Puan mengungkapkan bahwa kedua negara sudah bekerjasama dalam penanggulangan Covid-19.

“Apresiasi atas dukungan pemerintah dan berbagai pihak di Republik Korea terhadap Indonesia dalam mengatasi pandemi Covid-19,” ungkap Puan.

Menurut dia, kerja sama penanganan Covid-19 antara Indonesia dengan Korea Selatan dapat dilakukan dengan riset dan pengembangan vaksin secara bersama.

“Saya mengajak berbagai pihak di Korea untuk bekerjasama dengan mitranya di Indonesia, di bidang inovasi alat kesehatan,” ujar Puan.

Terkait kerjasama ekonomi, Puan sampaikan bahwa “Indonesia selalu melakukan perbaikan iklim investasinya. Dan saya mengharapkan Parlemen Korea membantu mendorong perusahaan-perusahaan Korea agar berinvestasi di Indonesia.“

Pada pertemuan tersebut dibahas pula aspek perlindungan bagi lebih 33.000 pekerja migran Indonesia di Republik Korea. “saya mengharapkan dukungan Parlemen Korea untuk terus meningkatkan perlindungan bagi pekerja migran Indonesia di Korea.” sambung wakil rakyat dari daerah pemilihan Jawa Tengah V tersebut.

Komentar