oleh

Komisi 1 DPR RI Meutya Hafid Nilai Herindra Berpengalaman dan Kompeten, Sangat Tepat Jadi Wamenhan

-Senayan-942 views

Jakarta, b-OneindonesiaPresiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Letjen Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan). Komisi I DPR menilai Herindra memiliki kompetensi untuk jabatan tersebut.

“Penunjukan Herindra saya nilai sudah cukup tepat karena Herindra mempunyai kompetensi serta pengalaman di bidang militer yang cukup panjang,” kata Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid kepada wartawan, Rabu (23/12/2020).

Meutya menyebut Herindra sudah paham akan kebutuhan TNI. Terlebih, Herindra juga pernah menjadi Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letnan Jenderal TNI Muhammad Herindra. “Sebagai mantan kasum, beliau sangat paham terkait kebutuhan TNI AD, AL, dan AU,” ujarnya.

Ketua DPP Partai Golkar itu pun mengungkap sejumlah tugas yang nantinya akan dikerjakan Herindra. Ia berharap Herindra melanjutkan peningkatan industri pertahanan dalam negeri yang sudah berjalan hingga melengkapi alutsista.

“Tugas selanjutnya bagi Herindra yaitu melanjutkan peningkatan industri pertahanan dalam negeri yang telah dibangun di masa Sakti Wahyu Trenggono. Dan juga membantu melengkapi alutsista agar mempunyai daya deterrence di kawasan Asia Tenggara,” katanya.

Untuk diketahui, Letjen Muhammad Herindra resmi ditunjuk Presiden Jokowi menjabat Wamenhan. Herindra menggantikan Wahyu Sakti Trenggono, yang kini dilantik menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan (KP).

Herindra pun akan bersinergi dengan Menhan Prabowo Subianto, yang juga berlatar belakang militer. Ia berharap kesamaan latar belakang itu dapat mempermudah mewujudkan visi Kemenhan.

“Tentunya ini merupakan amanah yang harus saya lakukan dengan baik dan nantinya saya akan bersinergi tentunya dengan Bapak Menteri Pertahanan yang mungkin saat ini kami dengan Bapak Menteri Pertahanan mempunyai background yang sama, kami sama-sama dari militer,” kata Herindra saat memberikan keterangan usai dilantik di Istana Kepresidenan, Rabu (23/12).

“Mudah-mudahan dengan adanya kesamaan background ini, akan memudahkan kami untuk membawa misi dari Kementerian Pertahanan,” sambungnya.

Menurut mantan Wakil Komandan Jenderal (Wadanjen) Kopassus ini menilai jabatan barunya tak berbeda jauh saat bertugas di TNI. Oleh sebab itu, menurut Herindra, tugasnya akan lebih mudah saat menjabat Wamenhan.

“Terus terang saya baru diberitahu kemarin, ketika akan menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan, dan ini memang tugas tidak jauh dari apa yang menjadi profesi saya selama ini, karena saya di kemiliteran, dan sekarang diberi tugas sebagai Wakil Menteri Pertahanan, ini akan memudahkan kami mengemban tugas nanti,” ujarnya.

Share this:

Komentar

News Feed