Ketua DPR RI Puan Maharani Himbau Masyarakat Tak Panik Sikapi Penyebaran Virus Corona

Jàkarta,b-Oneindonesia – Ketua DPR RI Puan Maharani berkomentar menyikapi penyebaran Virus Corona bahwa masyarakat jangan panik, ikuti prosedur pencegahan dan penanganan yang disarankan petugas kesehatan. Untuk mengatasi kesimpangsiuran informasi, pemerintah dalam hal ini kementerian kesehatan perlu membuat pernyataan tentang data sebenarnya, sekaligus memberi keyakinan dengan menunjukkan pada masyarakat bahwa pemerintah bekerja untuk mencegah masuknya virus corona.

“DPR meminta pemerintah meningkatkan kewaspadaan, tidak bertindak bussines as usual terhadap isu virus ini. Upaya pencegahan harus dimaksimalkan, termasuk memastikan persiapan maksimal alat dan tenaga medis kita,” tutur Puan.

Kementerian kesehatan bersama instansi terkait perlu menjelaskan protokol-protokol pencegahan virus corona masuk ke wilayah RI serta penanggulangannya bila virus itu sudah masuk ke wilayah RI.

“Pemerintah harus segera menyusun dan mensosialisasikan langkah-langkah pencegahan dan penanganan virus corona ke pemda-pemda sesuai protokol pencegahan dan penanganan nasional, mengingat banyaknya warga/turis dari negara-negara yang sudah mengidentifikasi kasus virus Corona, yang masuk ke daerah-daerah.

Protokol pencegahan termasuk ditinjau apakah perlu atau dalam kondisi apa dianggap perlu ada larangan bagi warga/orang yang baru mengunjungi China agar dilarang masuk wilayah RI untuk sementara,” ujarnya.

Komentar