Ketua DPD RI Ingatkan Pentingnya Tiga sektor Prioritas Hadapi COVID-19

Surabaya, b-Oneindonesia – Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti mengingatkan pentingnya tiga sektor ketahanan yang harus menjadi prioritas pemerintah di saat pandemik COVID-19 ditambah adanya ancaman resesi global yang nyata.

“Ketiga sektor ketahanan tersebut adalah kesehatan, pangan dan sosial,” ujarnya pada siaran pers yang diterima b-Oneindonesia di Surabaya, Sabtu.

Pesan tersebut juga disampaikannya saat orasi kebangsaan bertema “Tantangan Indonesia di Masa Pandemik COVID-19” di sela Rapat Kerja Nasional Virtual PB IKAMI Sulawesi Selatan.

Saat ini, kata dia, Indonesia sedang memanggil seluruh pemangku kepentingan untuk bersatu padu dan bahu-membahu menghadapi wabah Corona, termasuk para mahasiswa serta pelajar agar ikut berkiprah dalam menghadapi situasi sekarang.

Yang jelas, kata dia, Indonesia harus berupaya melakukan percepatan dalam meningkatkan ketahanan tiga sektor tersebut.

“Sebab, kalau ketahanan pangan lemah, lalu rakyat tidak bisa makan maka bisa dibayangkan kerusakan di sektor ketahanan sosial,” ucapnya.

Menurut dia, ada sinyal krisis global akibat COVID-19 yang bisa menjalar ke krisis pangan dunia sehingga harus cepat kembali kepada fitrah republik ini sebagai negara agraris dan maritim.

“Karena itulah perkuat sektor Pangan Indonesia. Mari bantu pemerintah menemukan arah yang tepat. Bantu percepatannya dan kawal skala prioritas pembangunan dalam konteks penanganan dampak wabah,” katanya.

Mantan Ketua Umum KADIN Jatim itu juga mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk menghentikan polemik-polemik yang memicu kegaduhan tidak perlu.

“Saya ingin menitipkan pesan kepada para mahasiswa dan pelajar yang tergabung di IKAMI Sulsel bahwa Indonesia tidak hanya butuh sumber daya manusia yang unggul, tapi juga berakhlak mulia dan berbudi pekerti. Satu lagi, saya titip generasi muda harus bisa bantu pemerintah,” tuturnya.

Pada kesempatan sama, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman berharap IKAMI Sulsel terus membangun sinergitas dengan pemerintah daerah.

“Begitu juga sebaliknya, Pemprov Sulsel juga akan berkomitmen untuk mendukung kegiatan IKAMI Sulsel,” ujarnya.

Komentar