Sufmi Dasco Ahmad : DPR RI Akan Gelar Rapat Gabungan Bahas New Normal

Jakarta, b-Oneindonesia – DPR akan segera mengadakan rapat gabungan (ragab) dengan pemerintah dan pemangku kebijakan terkait guna membahas rencana kebijakan New Normal atau beraktivitas kembalinya masyarakat dengan pola baru di tengah pandemi COVID-19 ini.

Satuan Tugas (Satgas) Lawan COVID-19 DPR juga terus melakukan kunjungan ke berbagai kementerian/lembaga (K/L) maupun instansi lainnya perihal pengawasan penanganan COVID-19 di Tanah Air.

“Ke depan, kami akan rencanakan rapat gabungan untuk membahas permasalahan yang sebenarnya harus dipikirkan sebelum tatanan hidup baru diberlakukan,” ujar Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad di sela-sela kunjungannya ke Kantor Kamar Dagang Indonesia (KADIN), Jumat (29/5/2020).

Menurut Koordinator Satgas Lawan COVID-19 DPR, rapat gabungan ini diperlukan agar kebijakan New Normal nanti benar-benar siap diterapkan dan sesuai dengan dengan protokol COVID-19 dan protokol tambahan lainnya.

“Karena kita harus benar-benar siap bukan hanya protokol COVID-19 tapi kemudian protokol bagaimana cara menjalankan usaha,” terangnya.

Dasco melanjutkan, dalam kunjungannya ke KADIN, pihaknya mendapat informasi yang luar biasa di mana, KADIN selama ini ternyata telah banyak bekerja selama 2 bulan ini. Mereka mendirikan crisis center yang baik bagi dunia usaha melakukan panduan-panduan bagaimana dunia usaha harus dan terus bertahan dalam menghadapi pandemi COVID-19.

“Saat ini, kami lihat bahwa UMKM yang sebenarnya bisa membangkitkan roda perekonomian, untuk itu kita harus selalu bantu sehingga daya beli produksi dan lain-lain,” ujar Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu.

“Untuk itu kepada sektor swasta yang memberikan 87% dari penghasilan negara ini, kita akan buat gebrak sesuatu yang bisa sama-sama untuk menggerakkan ekonomi negara dalam New Normal ini,” jelasnya.

Dalam kunjungan itu, turut hadir dalam kunjungan Satgas Lawan COVID-19 DPR tersebut yaitu Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena, Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade, Anggota Komisi III DPR Habiburokhman, Wihadi Wiyanto dan Bambang Haryadi, Anggota Komisi IX DPR RI Putih Sari dan Nabil Haroen.

Sebelumnya, Satgas Lawan COVID-19 juga melakukan kunjungan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Kementerian Agama (Kemenag), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian BUMN, Kementerian Koordinator Perekonomian pada Rabu (27/5) dan Kamis (27/5) kemarin.

Satgas juga akan melakukan kunjungan ke Kementerian Perdagangan (Kemendag), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) pada hari ini.

Komentar