Refleksi Akhir Tahun 2019 Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)

Jakarta,b-oneindonesia – Tahun politik 2019 telah kita lewati dengan suksesnya penyelenggaraan pemilu legislatif dan pemilihan presiden.

Pimpinan dan anggota DPR hasil Pileg 2019 akan menjalankan fungsinya secara konstruktif untuk memastikan program-program pemerintahan hasil Pilpres 2019 dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Program-program pemerintah harus menjamin terpenuhinya hak-hak dasar warga di bidang sosial dan ekonomi berupa penyediaan lapangan kerja, layanan kesehatan, Pendidikan, dan pelayanan publik lainnya agar masyarakat makin merasakan hadirnya keadilan sosial.

Pemenuhan hak-hak dasar warga di bidang sosial dan ekonomi juga bermanfaat sebagai instrumen pengamanan sosial mengingat tahun 2020 ada tantangan ekonomi akibat dari ketidakpastian global.

Pemenuhan hak-hak dasar warga dan jaminan ketersediaannya sekaligus akan menjadi program kontra siklus untuk mengurangi dampak akibat kontraksi ekonomi global.

Kita optimis dengan semangat gotong royong yang menjadi sifat dasar Bangsa ini maka segala tantangan di 2020 akan teratasi. Tentu saja sikap bergotong royong akan muncul bila dilandasi semangat Persatuan dan Kerukunan Nasional.

Persatuan dan Kerukunan Nasional menjadi fundamental mengingat tahun 2020 akan ada 270 Pilkada yang berlangsung serentak. Sebagai bagian dari proses demokrasi, pilkada serentak 2020 harus menghadirkan kegembiraan politik untuk mencari pemimpin-pemimpin daerah terbaik, bukan menjadi ajang konflik horizontal.

DPR bersama pemerintah dan penyelenggara pemilu lewat peraturan yang disusun bersama akan memastikan proses pilkada serentak 2020 berlangsung Jurdil.

Mari kita hadapi tantangan ekonomi dan politik tahun 2020 dengan optimistis lewat semangat gotong royong untuk mencari solusi terbaik bagi bangsa ini. Saya Puan Maharani, ketua DPR RI, mengucapkan Selamat Tahun Baru 2020.

Komentar