oleh

Gugus Tugas Luncurkan Portal Integrasi Data BLC

Pemerintah meluncurkan portal integrasi data Bersatu Lawan COVID (BLC). Portal yang mengintegrasikan data dan keterbukaan data penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia itu merupakan hasil gotong royong lintas kementerian dan lembaga.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan sistem itu mampu mencatat dan mengintegrasikan data Covid-19 dari puskesmas, rumah sakit, laboratorium pemeriksa, dan dinas kesehatan.

“Sistem ini mampu memantau data sebaran kasus positif, pasien positif yang sembuh dan meninggal, orang dalam pemantauan (ODP), serta pasien dalam pengawasan (PDP).  Serta dapat digunakan untuk menganalisis kebutuhan logistik RS dan laboratorium dalam penanganan Covid-19, untuk dijadikan landasan dalam pembuatan kebijakan ke depannya,” tambahnya.

Menurut Doni Monardo, melalui sistem itu, masyarakat dapat memantau peta sebaran kasus positif Covid-19 secara nasional maupun per provinsi.” Sebaran kasus tersebut dapat dilihat berdasarkan waktu sehingga masyarakat dapat melihat juga riwayat sebaran kasus mulai dari awal hingga kini,” jelasnya.

Ketua Gugus Tugas menyatakan pengguna juga dapat mengunduh aplikasi pada Play Store dan App Store. Melalui aplikasi itu, masyarakat dapat mengetahui pemantauan kasus, pemantauan lokasi rawan hingga tingkat kecamatan, diagnosa mandiri, pemantauan isolasi dan telekonsultasi.

“Aplikasi ini dapat digunakan untuk masyarakat dan petugas kesehatan sehingga dapat menekan pohon penyebaran Covid-19 dan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat Indonesia,” ujar Doni.

Share this:

Komentar

News Feed