Sosok Gus Sholah yang Tidak Terbeli Dengan Uang dan Jabatan

Jakarta,b-Oneindonesia- Budayawan, Emha Ainun Najib atau akrab disapa Cak Nun menyampaikan kesan mendalam terhadap almarhum Gus Sholah semasa hidupnya.

Menurut Cak Nun, Gus Sholah kerap berbeda dengan ulama lain terkait pilpres karena alasan yang rasional. Gus Sholah, kata Cak Nun, juga tidak terbeli uang dan jabatan.

“Beliau lebih rasional dan lebih punya pilihan yang jernih dan beliau tidak bisa diseret, tidak bisa dipengaruhi oleh hal-hal yang sifatnya non-nilai. Artinya oleh uang, jabatan, dan apapun. Beliau insyaallah orang yang konsisten terhadap itu,” kata Cak Nun di kediaman Gus Sholah, Jalan Bangka Raya 2, Mampang Prapatan, Jaksel, Senin (3/2/20).

Cara berpikir rasional Gus Sholah, lanjut Cak Nun, dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan sang ulama yang merupakan seorang sarjana teknik dan bergelar doktor.

“Gus Sholah kan insinyur, Doktor, sehingga beliau belajarnya modern sehingga pikiran beliau modern.

Sehingga Gus Sholah berusaha merasionalkan semua proses yang beliau terlibat. Saya kira Gus Sholah menyikapi setiap Pilpres agak berbeda dari ulama yang lain,” tambahnya. 

Gus Sholah wafat di Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta, Ahad (2/2/20) malam usai menjalani operasi jantung. Cucu pendiri NU ini wafat pada usia 77 tahun.

Komentar