Redakan Konflik Guna Mediasi 2 kekuatan dunia Amerika & Rusia-China, Jokowi Tugaskan Prabowo

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam acara puncak milad ke-45 Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) di Masjid Istiqlal, Jakarta, pada Sabtu, 29 Oktober 2022.

Jakarta, b-OneindonesiaMenteri Pertahanan Prabowo Subianto ungkapkan, ia diperintah oleh Presiden Joko Widodo untuk terbang ke China pada bulan November 2022 mendatang.

Prabowo menyebutkan, setelah dari China, bisa saja Jokowi memerintahkannya untuk mengunjungi Rusia.

“Saya akan berangkat, sudah diperintah oleh beliau saya berangkat ke Tiongkok atas undagan dan mungkin sesudah itu beliau akan perintahkan saya juga mungkin berangkat ke Moskwa,” kata Prabowo di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (29/10/2022).

Ia mengatakan bahwa dia diinstruksikan oleh Jokowi untuk memediasi dua kekuatan dunia yakni Amerika Serikat dan Rusia-China dengan menemui pejabat pertahanan masing-masing negara.

Ketua umum Partai Gerindra itu sudah terlebih dahulu mengunjungi Amerika Serikat pada pekan lalu.

“Kita berjuang, kita berusaha untuk menjadi jembatan untuk meleraikan pertempuran, untuk menyejukkan semua pihak,” kata Prabowo.

“Tidak gampang, tidak gampang, presiden sudah coba, saya juga sudah coba, saya panggil kedua duta besar masing-masing berkeras,” ujar dia.

Namun, Prabowo menegaskan, upaya itu harus ditempuh karena Indonesia sebagai negara nonblok harus selalu mencari jalan tengah dengan menghormati setiap negara.

Prabowo menambahkan, dunia saat ini tengah menghadapi dampak perang antara Ukraina dan Rusia yang dikhawatirkan dapat memicu perang dunia ketiga yang diwarnai perang nuklir.

“Perang dunia ketiga yang mati itu puluhan juta orang. Kalau sekarang terjadi perang dunia ketiga, yang kita berdoa tidak akan terjadi dan tidak boleh terjadi, dan kita minta kepada Yang Maha Kuasa untuk hindari umat manusia dari bencana yang begini besar,” kata dia.

 

Komentar