Kondisi Terkini Kapolda Jambi & Rombongan, Kapolri Pastikan dalam Perawatan Maksimal di RS Bhayangkara

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo       besuk Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono  di RS Bhayangkara Jambi (22/02/23)

Jambi, b-Oneindonesia – Pasca evakuasi, rombongan Kapolda Jambi dibawa ke RS Bhayangkara untuk mendapatkan perawatan medis. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut kondisi Kapolda Jambi dan rombongan berangsur membaik.

Dirinya pun memastikan, bahwa Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dan rombongan telah dievakuasi. Rombongan Kapolda Jambi yang helikopternya mendarat darurat di Bukit Tamiai, Kerinci pada Minggu 19 Februari 2023, semuanya sudah dievakuasi pada Selasa, 21 Februari.

Saat ini, seluruh korban sedang dilakukan pemeriksaan dan perawatan maksimal oleh tim kedokteran Rumah Sakit (RS) Bhayangkara.

“Yang jelas kondisi pasien semuanya berangsur membaik,” kata Sigit.

Dirinya mengatakan, RS Bhayangkara melakukan pemeriksaan dan perawatan kepada korban.

Menurut Sigit, dokter akan melakukan pendalaman terkait perawatan para korban. Apakah akan tetap dirawat di RS Bhayangkara, atau akan dibawa ke Jakarta

Kata dia, jika nantinya dari hasil pemeriksaan diperlukan tindakan lanjutan, maka korban akan dibawa ke Jakarta untuk mendapat perawatan medis.

Sigit menuturkan, tentunya ada tindakan-tindakan awal yang kemudian diberikan dokter di RS Bhayangkara Jambi.

“Saya mohon doanya untuk teman-teman kita yang sudah dirawat agar kesehatannya membaik,” ujar Sigit.

Terkait kondisi Kapolda Jambi dan korban lainnya, mantan Kabareskrim Polri ini memastikan semuanya dalam kondisi sadar. Namun, memang ada yang mengalami luka dan patah tulang baik di kaki, tangan, rusuk dan bagian tubuh lainnya.

“Alhamdulilah tadi sudah dievakuasi kita cek satu per satu yang dirawat tentunya tim dokter melakukan langkah-langkah untuk melakukan pendalaman apakah perlu perawatan lanjutan yang harus dilaksanakan,” kata Sigit.

“Saat ini sedang dilakukan scanning oleh tim dokter. Nanti akan diputuskan Kapusdokkes apakah akan dirujuk ke Jakarta atau dirawat di sini,” ucap Sigit.

Lebih lanjut, Sigit menuturkan, total ada enam orang yang dirawat di RS Bhayangkara Jambi termasuk Kapolda. Sedangkan dua orang lainnya ada di GOR Merangin. Nantinya, dua orang tersebut juga akan dirawat di RS Bhayangkara usai diterbangkan pada hari ini.

“Saat ini 6 orang di sini (RS Bhayangkara Jambi). 2 orang ada di GOR Merangin. Pasti (akan diterbangkan ke RS Bhayangkara Jambi), karena kondisinya sudah agak malam sehingga penerbangan dilakukan besok. Tapi di sana (GOR Merangin) pun saat ini sudah ada tim dokter melakukan perawatan,” papar Sigit.

Mantan Kapolda Banten menambahkan, saat ini yang terpenting adalah menyelamatkan korban yang terluka. Setelah itu, pihaknya akan melakukan evakuasi puing-puing dan penyebab jatuhnya helikopter.

Namun, Sigit memastikan bahwa helikopter yang membawa Kapolda Jambi dan rombongan selama ini dilakukan pemeriksaan berkala, termasuk saat hendak digunakan.

“Heli ini kita gunakan mulai tahun 2003. Selama ini secara rutin dilakukan maintenance termasuk saat mau digunakan dilaporkan dalam kondisi layak digunakan. Tentunya pendalaman lebih lanjut akan dilaksanakan dari jajaran Poludara terkait dengan permasalahan apa yang terjadi,” tutur Sigit.

Dalam kesempatan ini, Sigit pun sampaikan apresiasi, penghargaan dan ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang ikut terlibat dalam proses evakuasi. Menurutnya, proses evakuasi bisa terlaksana berkat kerja sama semua pihak.

“Saya berterima kasih kepada tim baik dari Basarna, TNI AU, Korem, BMKG, Angkasa Pura termasuk masyarakat, Bupati dan semuanya tergabung yang bisa lakukan evakuasi dengan baik,” tutup Sigit.

Danrem 042/Gapu Minta Maaf

Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono minta maaf telat dalam menuntaskan evakuasi Kapolda Jambi dan rombongan di hutan Kerinci. Diketahui, Kapolda Jambi dan rombongan yang helikopternya mendarat darurat di hutan Kerinci, pada MInggu 19 Februari 2023 lalu.

Namun, tim evakuasi gabungan baru berhasil membantu evakuasi rombongan Kapolda Jambi di hutan perbukitan Tamiai, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci pada Selasa 21 Februari 2023 sore.

“Terima kasih atas segala bantuannya, mohon maaf kami agak telat menuntaskan evakuasi korban karena cuaca,” ungkap Danrem.

Sebagai wujud rasa syukurnya atas keberhasilan tim mengevakuasi rombongan Kapolda Jambi, Danrem 042/Gapu pun sujud syukur.

“Syukur Alhamdulilah, atas seizin Allah SWT dan doa restu semua pihak, evakuasi korban kecelakaan helikopter semuanya sudah dapat kami evakuasi dengan selamat dan kondisi kesadaran stabil,” katanya.

Diketahui, seluruh korban kecelakaan helikopter Polri yang ditumpangi rombongan Kapolda Jambi berjumlah 8 orang telah berhasil dievakuasi dari titik lokasi mendarat darurat helikopter di Dirinya berharap, agar Kapolda Jambi dan para korban, segera diberikan kesembuhan dan pulih.

“Semoga sehat wal afiat seperti sedia kala,” katanya.

Komentar