Panglima Serahkan Panji Jalesveva Jayamahe ke Muhammad Ali Tongkat Komando KASAL

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono (kiri) memberikan bendera panji TNI AL “Jalasveva Jayamahe” kepada Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNIMuhammad Ali (kanan) saat upacara serah terima jabatan (sertijab) Kasal di Mabes TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis, 29 Desember 2022.

Jakarta, b-Oneindonesia Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Muhammad Ali menerima tongkat komando kepemimpinan dari Laksamana Yudo Margono. Tongkat kepemimpinan itu diserahkan Yudo yang telah menjadi Panglima TNI kepada Muhammad Ali yang telah resmi dilantik sebagai Kasal.

Serah terima jabatan dan tongkat komando itu berlangsung di Lapangan Trisila Markas Besar TNI AL di Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (29/12/2022). Serah terima jabatan itu ditandai penyerahan bendera panji “Jalesveva Jayamahe” dari Margono kepada Muhammad Ali.

Keduanya lalu menandatangani naskah serah terima jabatan kepala staf TNI AL itu. “Laporan resmi serah terima jabatan kepala staf Angkatan Laut saya terima,” kata Laksamana Yudo saat menerima laporan sertijab dari Ali seusai penandatanganan berita acara sertijab.

Dikatakan, serah terima jabatan itu mempertegas bahwa tugas, wewenang, dan tanggung jawab pucuk pimpinan TNI AL diserahkan sepenuhnya kepada Muhammad Ali.

“Sebenarnya, kemarin sudah sah saat dilantik presiden, tetapi lebih sah lagi karena sudah kita serahkan tugas wewenang dan tanggung jawab. Saya kira dengan tugas ini nanti sudah sah di Laksamana Ali,” kata Yudo.

Dengan demikian, ujar Yudo, Kasal yang baru akan bisa melakukan tugas pokoknya dengan fokus sebagai panglima TNI. “Tentunya nanti kesempatan pertama akan kita tinjau yang kemarin sudah saya sampaikan, daerah daerah yang perlu mendapatkan perhatian khusus, beserta dengan tiga kepala staf angkatan karena sudah lengkap,” ujar Laksamana Yudo Margono.

Presiden Joko Widodo telah melantik Muhammad Ali sebagai kepala staf TNI AL di Istana Merdeka, Jakarta. Pelantikan itu berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 100/TNI Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kasal.

Muhammad Ali yang sebelumnya menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan atau Pangkogabwilhan I TNI telah menyerahkan jabatan itu kepada Panglima TNI pada Rabu (28/12/2022). Saat ini, jabatan panglima Kogabwilhan I TNI masih kosong.

Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali Upayakan Capai Target MEF

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali mengupayakan agar program minimum essential force (MEF) atau kekuatan pokok minimum TNI Angkatan Laut (AL) dapat mencapai target.

Laksamana Ali menuturkan, upaya pencapaian target program MEF TNI AL akan dikoordinasikan dengan Kementerian Pertahanan (Kemhan).

“Kalau MEF kita ini berkaitan dengan Kemhan. Jadi, programnya mengikuti program Kemhan, tetapi kita berupaya untuk memenuhi apa yang direncanakan dalam program MEF tersebut,” ujar Laksamana Ali di Istana Negara.

Sebelumnya, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menargetkan program MEF TNI AL bisa mencapai 85 persen pada 2024. Pasalnya saat ini, pemenuhannya baru mencapai 60 persen.

“Tentunya nanti dari sisi pemenuhan personel maupun alutsista, (MEF) bisa mencapai 80-85 persen, harapannya di 2024,” ungkap Yudo saat peresmian gedung-gedung TNI AL di Kolat Koarmada I, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (26/12/2022).

Diketahui, MEF merupakan standar kekuatan pokok dan minimum dari TNI yang harus disiapkan sebagai prasyarat utama dalam efektivitas tugas pokok dan fungsi TNI dalam menghadapi ancaman aktual. (John F Sayuti)

Share this:

Komentar