Rainer Christmas Koibur, Pemuda Asal Papua Lulusan Terbaik di Amerika

b-oneindonesia.co.id-Kisah inspiratif dunia pendidikan datang dari pemuda asal Papua bernama Rainer Christmas Koibur. Pemuda asli Biak ini baru saja menyelesaikan pendidikan tingkat SMA di Squaw Valley Academy (SVA) dengan prestasi dan menjadi lulusan terbaik pada 5 Juni 2020.

Seperti apa ceritanya? Squaw Valley Academy yang terletak di Sierra Nevada, Amerika Serikat merupakan salah satu Sekolah terbaik dan bergengsi di dunia yang menjadi idaman bagi pelajar, termasuk Rainer Christmas Koibur.

Rainer yang biasa disapa Odi mengungapkan ceritanya yang baru saja lulus dari sekolah Squaw Valley Academy. Kisah Odi lulus SMA dari SVA dimulai dari pencapaiannya yang berawal di Play Group Happy Hollykid di Jogja, lalu pindah ke TK- SD Shaining Stars di Timika, dan menempuh pendidikan menengah di SMP NJIS (North Jakarta International School) dan pindah studi ke Amerika.

Walapun Odi selalu berpindah sekolah tapi semangatnya pantang mundur untuk terus belajar. Hal inilah yang memperkaya pengalaman budaya serta karakter Odi yang membawanya menjadi lulusan terbaik  di sekolah bergengsi di dunia.

Cucu dari DS. Mesach Koibur yang merupakan pendiri Persipura dan Universitas Cendrawasih ini juga mempunyai segudang prestasi baik akademik, non akademik dan mahir berbahasa Spanyol dan Rusia.

“Saya anak Papua, dan saya bisa. Indonesia harus bisa menjadi negara makmur, supaya rakyat sejahtera. Saya berharap saudara-saudara saya di Papua memiliki impian yang sama, harus  menjadi orang sukses,” kepada b-oneindonesia.co.id, Selasa (23/6).

Semangat dan rasa cinta pada tanah air tidak perlu diragukan pada dirinya, sebab Odi tumbuh dan besar dalam keluarga besar Kopasus (Pasukan Elite TNI). Kakeknya,  putera pertama asli Papua Jenderal Kopasus. Beliau bernama Hebel Lodwyk Rumaseuw dari Kabupaten Supriori. TNI yang sangat mencintai Papua dan NKRI.

Odi merupakan putra sulung dari pasangan Pendeta (Pdt)  Samparisna Koibur, S.Th, MM. dan dr. Rosaline Irene Rumaseuw. M.Kes.

Dalam meraih cita-cita, Odi mengatakan jangan pernah takut bermimpi. Banyak jalur seperti beasiswa yang bisa membantu, asal ada niat, kemampuan dan dibantu dengan doa pasti berhasil dengan baik.

“Pesan saya untuk saudara-saudara saya di Papua, Ayo raih impian ko, kita dorang semua bisa, banyak jalur seperti beasiswa yang bisa membantu, asal ada niat, kemampuan dan dibantu dengan doa pasti ko sukses,” kata Odi

Setelah lulus, Odi akan melanjutkan studi S1 di Berklee University Boston. Ia berjanji setelah lulus kuliah akan memberikan yang terbaik untuk Indonesia dalam menghadapi tantangan global.

 

Komentar